Menurut Riset, Ternyata Orang yang Egois Mudah Cemas dan Depresi!

0
1
Ini 5 Cara Psikolog untuk Menenangkan Hati dan Pikiran dalam 15 Menit!

Banyak orang yang memiliki sikap egois ini, termasuk kita sendiri pun mungkin pernah merasa egois. Tahukah kamu kalau berdasarkan riset terbaru ini, orang egois cenderung mudah cemas dan depresi.

 

Setiap orang tentu memiliki sifat egois sampai batas tertentu. Sifat jelek ini tentunya harus dijauhi agar terhindar dari kebencian orang-orang. Bahkan baru-baru ini sebuah penelitian mengungkap, orang egois alias mementingkan diri sendiri ternyata mudah terkena depresi dan cemas berlebih.

Fakta ini dikemukakan oleh periset dari University of Kassel, Jerman, setelah melakukan penelitian pada 103 wanita dan 15 pria. Kebanyakan partisipan mengalami depresi dan kecemasan. Peneliti menanyakan mengenai masa lalu, hubungan, dan cara mereka melihat diri sendiri.

Dr Johannes Zimmerman yang langsung memimpin riset ini mengungkapkan kalau orang yang terlalu banyak menggunakan kata “aku” atau “saya” lebih muda merasa depresi.

Bagaimana Cara Menjalani Hidup yang Bahagia Walau Sendiri

Tak hanya itu, bahkan mereka juga lebih sulit melakukan interaksi dengan berhubungan dengan orang lain dalam kelompok. Orang-orang yang terlalu berfokus pada diri mereka seringkali ingin diperhatikan dan tak bisa sendirian.

Sebaliknya, orang yang sering menggunakan kata “kita’ diketahui lebih mudah bergaul dengan orang lain. Mereka juga cenderung memiiki hubungan yang sehat dan jaringan pertemanan yang baik.

Studi Terbaru: Salah Satu Ciri Psikopat Adalah Masih Berteman dengan Mantan Pacar!

Hasil lain dari penelitian ini juga mengungkapkan kalau orang yang terlalu fokus pada diri sendiri dan egois menjadi terlalu banyak menuntut. Bagi orang yang mudah merasa depresi karena terlalu fokus pada dirinya, Zimmerman menyarankan untuk melakukan olahraga.

(Visited 224 times, 1 visits today)