Pasar idEA, Momentum Indonesia Menuju Negara Ekonomi Digital Terbesar 2020

0
0

Pasar idEA, Festival belanja online to offline pertama dan terbesar di Indonesia resmi dibuka hari ini oleh Menteri Komunikasi dan Informatika  Rudiantara, di Jakarta Convention Centre (JCC) Kamis (15/08/2019).

Pasar idEA merupakan hasil kerja sama antara Asosiasi E-Commerce Indonesia (idea) dengan PT.Traya Eksibisi Internasional (Traya Indonesia) yang akan berlangsung pada 15-18 Agustus 2019 berlokasi di Hall A & B, Jakarta Convention Center. Acara ini akan menjadi sebuah momentum bagi para pelaku industry e-commerce untuk bertemu dan menampilkan produk dan top seller dari masing-masing platform. Dalam sambutannya, Menteri Rudiantara menilai ajang pasar idea ini akan mendorong pertumbuhan industry UMKM guna mendorong laju sektor ekonomi digital.

NETZME Berbagi Kurban di Rusunawa Naum,Jatinegara

“Pasar idEA yang menggandeng UMKM akan bisa memberi dampak positif dalam mengantisipasi isu serbuan produk asing di industry e-commerce”. Kata Rudiantara saat memberi sambutan dalam acara pembukaan Pasar idea 2019 di Jakarta Convention Center.

 

 

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, kewirausahaan, dan Daya saing koperasi dan Usaha kecil dan Menengah, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM, juga memiliki harapan tinggi pada industry 4.0 ini. Menurut Rudy, e-commerce berperan sangat signifikan untuk pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

 

 

“Visi pemerintah pada 2020, Indonesia menjadi Negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan menfokuskan pengembangan ekonomi digital berbasis local, yakni UMKM dan bisnis rintisan(startup). Sektor UMKM sebagai pilar ekonomi kreatif harus mendapatkan perhatian lebih agar mereka mampu mengambil peran dalam perdagangan global melalui e-commerce”, ujar Rudy.

Gelaran yang menargetkan 120.000 pengunjung seama empat hari tersebut turut menghadirkan sekitar 250 peserta pameran yang terdiri dari pada unicorn pelaku usaha e-commerce, perusahaan logistic dan pengiriman, serta UMKM dengan produk local yang terkurasi di area khusus LokalGood. Beragam promo-promo special yang ditawarkan untuk belanja multi produk.

Tokopedia perusahaan teknologi Indonesia, akan membawa kisah perjalanannya selama 10 tahun yang menggandeng lebih dari 6.2 juta penjual tersebar 85% kecamatan di Indonesia. Blibli.com pada kesempatan ini mengadakan Blibli Travel Fair, festival travel offline yang menawarkan berbagai produk pariwisata dengan diskon hingga 80% baik untuk paket perjalanan domestic maupun Internasional.

“Melalui pasar idEA, kami ingin membangun sinergi dengan para pelaku usaha,pemerintah,komunitas dan masyarakat sehingga memiliki semangat yang sama untuk memperkuat ekosistem digital”. ujar Ignatius Untung selaku Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

Lazada mempermudah mereka yang ingin memulai usaha sebagai seller dengan program Daftar jadi Seller online gak sampai 1 menit. Shopee membawa sellernya yang menawarkan ragam produk Kreasi Nusantara dengan promo diskon mencapai 89%. Sejumlah perusahan logistic dan jasa pengiriman juga memberikan kesempatan kepada pengusaha-pengusaha baru untuk menjadi mitra bisnis. Perusahaan jasa pengiriman seperti J & T, Lion Parcel,Ninja Express,Tiki,JNE,Lalamove pun tak kalah seru memanjakan para pengunjung yang hadir.

“Pasar idea menjadi ajang kopdaran akbar pelaku usaha e-commerce dengan para pelanggannya melalui pendekatan program yang menarik bertujuan membangun keterlibatan dan kepercayaan konsumen” , ujar Bambang Setiawan selaku Presiden Direktur Traya Eksibisi Internasional.

 

(Visited 158 times, 1 visits today)