Patahkan Dominasi Marquez, Maverick Vinales Menangi MotoGP Belanda 2019

0
0
Maverick Vinales

Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, tak kuasa menutupi kegembiraan setelah menjuarai MotoGP Belanda. Patahkan Dominasi Marquez, Maverick Vinales Menangi MotoGP Belanda 2019

Pebalap Yamaha Maverick Vinales menang MotoGP Belanda 2019 dengan mengalahkan Marc Marquez pada balapan di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (30/6).

Duo Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir, memulai balapan dengan sangat baik. Rins dan Mir memasuki tikungan pertama dengan berada di posisi pertama dan kedua, disusul Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Marc Marquez yang start dari posisi empat turun ke posisi lima.

Setelah memimpin balapan selama dua lap, Rins melakukan kesalahan di tikungan sembilan pada lap ketiga dan terjatuh. Ditambah kesalahan Mir di tikungan 15, Quartararo kemudian memimpin balapan atas Vinales dan Marquez.

Di lap berikutnya Marquez berhasil menyalip Vinales dan menekan Quartararo. Nasib sial dialami Valentino Rossi. Setelah start dari posisi 14, Rossi terjatuh di lap kelima usai mengalami kecelakaan bersama Takaaki Nakagami.

Sering Berkendara Sepeda Motor? Awas, Sederet Penyakit Ini Terus Mengintai!

Persaingan ketat terjadi antara Quartararo, Marquez, dan Vinales. Beberapa kali Vinales berusaha menyalip Marquez tapi selalu gagal. Sayang, kondisi persaingan ketat antara Marquez dan Vinales tidak mampu dimanfaatkan Quartararo untuk mempelebar keunggulan.

Marquez sempat memimpin balapan pada lap ke-11 setelah Quartararo gagal mengendalikan sepeda motor M1 di trek lurus karena kencangnya angin. Namun, kesalahan Marquez di tikungan pertama memasuki lap ke-12 dimanfaatkan Quartararo untuk kembali memimpin balapan.

Memasuki lap ke-14, Vinales berhasil menyalip Marquez di tikungan terakhir. Dua lap kemudian Vinales mengambil alih pimpinan balapan dengan menyalip Quartararo. Marquez kemudian naik ke posisi dua setelah menyalip Quarataro di tikungan kesembilan.

Vinales semakin nyaman di posisi terdepan dengan keunggulan 0,5 detik atas Marquez memasuki lap ke-22. Satu lap kemudian Vinales unggul lebih dari satu detik atas Marquez.

Vinales akhirnya memastikan kemenangan MotoGP Belanda 2019 dengan mengalahkan Marquez dan Quartararo. Ini adalah kemenangan pertama Yamaha sejak Vinales menang di MotoGP Australia, 28 Oktober 2018.

(Visited 214 times, 1 visits today)