Pengibaran Bendera Merah Putih Ini Pecahkan Rekor Sekaligus Masuk MURI..

0
35
merah putih

Inilah beberapa rekor pengibaran bendera merah putih yang pernah ada. Pengibaran Bendera Merah Putih Ini Pecahkan Rekor Sekaligus Masuk MURI..

Hari Jumat ini, tepatnya pada tanggal 17 Agutus 2018, Indonesia akan genap berusia 73 tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, di seluruh wilayah Indonesia, segenap masyarakat di Tanah Air akan mengibarkan Bendera Merah Putih untuk memperingati hari ulang tahun negara tercintanya ini.

Terkait dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih tersebut, ternyata ada beberapa pemecahan rekor yang tercapai selama ini. Memang, rata-rata rekor tersebut berupa besaran bendera yang dikibarkan, akan tetapi ke semuanya dicapai dengan susah payah yang patut dibanggakan.

Berikut ini adalah rekor-rekor pengibaran Bendera Merah Putih yang pernah dilakukan dan masuk Museum Rekor Indonesia (MURI):

1. Di Udara

Pada bulan April 2016 kemarin, Komando Pasukan Khusus atau Kopassus berhasil mencatatkan diri dan memecahkan rekor pengibaran Bendera Merah Putih berukuran 22 x 33 meter di atas ketinggian 8 ribu kaki. Bendera dengan bobot 86 kilogram ini dikibarkan di atas Lanud Suparlan Pusdiklatpassus Kopassus, batujajar, Bandung, Jawa Barat.

Oh Jadi Karena Alasan ini, Cewek Bule Banyak yang Suka Cowok Indonesia!

2. Di Darat

Sebuah rekor Indonesia juga dunia akan pembentangan Bendera Merah Putih raksasa yang berukuran 30 x 50 meter tercapai dan tercatat dalam Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Bendera raksasa yang dibuat untuk memperingati HUT RI ke 70 tahun 2015 lalu itu dibentangkan di  Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

3. Di Tugu Monas

Pada saat dihelatnya Hari Bela Negara pada tahun 2014 lalu, ada pemecahan rekor Indonesia dan dunia, yaitu pengibaran Bendera Merah Putih raksasa di Tugu Monas. Rekor dunia sebelumnya dimiliki oleh Kanada dengan bendera berukuran 2.050 meter persegi dan bendera yang berkibar di Tugu Monas tersebut berukuran 2.250 meter persegi. Hari Bela Negara dan pengibaran Sang Saka Raksasa ini juga menandai peringatan deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia yang wajib diperingati setiap tanggal 19 Desember.

4. Di Stadion

Jika pada umumnya pengibaran atau pembentangan Bendera Merah Putih Raksasa dilakukan oleh masyarakat umum atau instansi negara, akan tetapi di akhir tahun 2015 lalu, ada pemecahan rekor dunia, yaitu pembentangan Bendera Merah Putih raksasa yang menutupi seluruh lapangan sepakbola. Pembuatan bendera yang berukuran 60 x 120 meter tersebut dilakukan sebagai simbol kerukunan dan persatuan seluruh rakyat Indonesia, khususnya para suporter bola yang hingga kini masih sering terjadi perselisihan.

FYI, Ada Beberapa Negara yang Punya Bendera Serupa dengan Indonesia!

5. Terbanyak

Pemecahan rekor pengibaran Bendera Merah Putih terbanyak dicapai oleh masyarakat Jember, Jawa Timur. Ada sebanyak 3.689 bendera yang dikibarkan di halaman kampus Universitas Jember, pada tanggal 28 Desember 2011 lalu. Sebelumnya, masyarakat Jember pernah memecahkan rekor serupa yang mereka capai pada tahun 2007 namun dipatahkan oleh masyarakat di daerah Subang, Jawa Barat yang berhasil mengibarkan sebanyak 1.200 buah.

Wow keren ya POPle. Nah, kira-kira ada nggak ya pemecahan rekor pengibaran bendera di HUT RI ke-73? Kita tunggu yuk… Bravo Indonesia… MERDEKA!!!

(Visited 317 times, 1 visits today)