Perlu Diketahui, Inilah Penyebab Mobil Mogok Saat Perjalanan Mudik!

0
1
mobil mogok

Perlu disadari oleh setiap pengendara mobil, bahwa di perjalanan, mobil tidak akan terus berjalan mulus. Perlu Diketahui, Inilah Penyebab Mobil Mogok Saat Perjalanan Mudik!

Biaya yang lebih ekonomis hingga waktu dan rute yang lebih fleksibel menjadi alasan kenapa orang lebih memilih mudik menggunakan mobil pribadi ketimbang menggunakan kendaraan umum atau alat transportasi lain. Mudik menggunakan mobil masih menjadi pilihan favorit keluarga.

Bagi kebanyakan orang, mudik menggunakan mobil itu menyenangkan, namun bukan berarti bebas dari kendala. Banyak mobil yang menjadi korban saat arus mudik lebaran berlangsung. Masalahnya beragam, ada yang mengalami insiden karena human error, tetapi tak sedikit mobil yang mogok karena terjebak dalam kemacetan panjang atau kurangnya persiapan yang dilakukan sebelum mudik.

Pasalnya, saat mudik Lebaran, bukan tak mungkin beberapa masalah mobil mogok kerap terjadi. Bahkan, mobil baru dan terawat juga tidak menjamin mobil bebas mogok.

Ada lima hal yang menjadi penyebab mobil mogok saat mudik:

1. Overheating atau panas mobil berlebihan

Penyebab mesin overheating biasanya karena sistem pendinginan mobil tidak berfungsi dengan baik. Kurangnya cairan pada radiator akibat bocor atau lupa menambah cairan coolant, pipa radiator rusak atau kipas motor lemah menjadi beberapa penyebabnya.

Ini 5 Fakta Mengerikan Apabila Seseorang Menyetir Mobil saat Dehidrasi Melanda!

2. Sistem pengapian bermasalah

Pengapian adalah percikan api dari busi, sangat berhubungan dengan kinerja pembakaran pada mesin. Bila sistem pengapian bermasalah, maka tenaga mesin akan menurun bahkan mogok. Penyebab biasanya berasal dari koil yang rusak, busi telah aus atau kabel starter longgar atau kontak sudah aus.

3. Sistem bahan bakar bermasalah

Tangki bahan bakar yang dibiarkan sering kosong bisa memicu pengembunan yang mengakibatkan korosi di dalamnya, pada akhirnya mobil bisa mogok. Penyebab mobil mogok terkait sistem bahan bakar di antaranya saringan bahan bakar mampat atau kotor, tekanan bahan bakar lemah, atau pipa-pipa bahan bakar bocor/ pecah.

4. Sistem kelistrikan

Penyebab paling sering sistem kelistrikan bermasalah berasal dari aki dan alternator (disebut juga dinamo amper) yang aus. Aki merupakan sumber arus listrik bagi beberapa komponen mobil, terutama saat mesin dinyalakan.

Bila putaran mesin rendah dalam kondisi mobil berjalan akibat aki atau alternator yang aus, kemungkinan besar mesin akan mati dengan tiba-tiba. Saat itulah mobil jadi mogok dan sulit dihidupkan.

Benda-Benda Ini, Wajib Ada di dalam Mobil Para Cowok!

5. Hubungan arus pendek atau korsleting

Masalah ini dapat terjadi karena ada bagian kabel yang terkelupas atau sambungan kabel tidak tepat dan bersentuhan dengan kabel lainnya. Korsleting mengakibatkan sekring kelistrikan putus, sehingga mesin mobil bisa mati mendadak dan sulit dihidupkan.

Jadi, nggak perlu panik yah POPle…

(Visited 5 times, 1 visits today)