Pernah Mendengar Lucid Dream? Atau Sudah Pernah Merasakannya?

0
35
lucid dream

Banyak orang yang secara sadar dapat memanipulasi mimpi. Lucid dream didefinisikan di mana si pemimpi saat bermimpi sadar bahwa mereka sedang bermimpi.

Biasanya, ketika sedang bermimpi, kita tidak akan sadar bahwa mimpi itu tidak nyata. Namun, beberapa dari kita memang dapat memasuki mimpi dan sepenuhnya menyadari kenyataan bahwa kita sebenarnya sedang bermimpi.

Jika Anda menyadari bahwa itu adalah mimpi di dalam mimpi dan melakukan sesuatu untuk mengubah hasilnya, maka malam-malam Anda mungkin akan jauh lebih menarik dan tidak sampai menimbulkan kecemasan.

Mungkin Anda pernah merasakan lucid dream sebelumnya, tetapi tidak menyadari ada nama untuk fenomena itu. Menurut penelitian, sekitar 70-80% orang pernah merasakan lucid dream sebelumnya, dan bahkan anak-anak mengatakan bahwa mereka pun pernah merasakannya. Itu adalah sesuatu yang terjadi pada banyak orang, tetapi karena kita tidak banyak mengetahui tentang mimpi, dan banyak orang tidak pernah mendengar istilah lucid dream atau bahkan tidak mengerti apa artinya.

lucid dream

Pada dasarnya, lucid dream berarti Anda menyadari dalam keadaan mimpi bahwa Anda sedang bermimpi, karena dalam kebanyakan mimpi, kita hanya menerima apa pun yang terjadi. Lucid dream adalah Anda memiliki kesadaran bahwa Anda sedang bermimpi yang memungkinkan Anda memutuskan apa yang harus dilakukan dan bagaimana Anda merespon, serta melakukan eksperimen, dan kadang-kadang mengendalikan arah mimpi itu.

Masuk akal mengapa orang begitu menyukai gagasan lucid dream. Siapa yang tidak ingin mengendalikan alam bawah sadar mereka dan memiliki kemampuan super? Dikatakan bahwa mereka dapat mengubah mimpi di tengah mimpi, memiliki mimpi yang jelas, dan bahkan bermain game selama bermimpi. Beberapa terapis bahkan telah menggunakan lucid dream untuk membantu orang dengan gangguan mimpi buruk atau gangguan stres pasca trauma (PTSD), atau dalam beberapa kasus, orang telah menaklukkan fobia mereka menggunakan lucid dream.

Inilah Yang Dapat Menyebabkan Anda Bermimpi Buruk Saat Tidur

Terlepas dari bagaimana lucid dream bekerja dan apakah itu benar-benar ‘mimpi’, orang yang mengalaminya akan mampu mengamati mimpi mereka sendiri. Beberapa orang mengatakan lucid dream menakutkan. Seseorang mungkin akan mengalami kelumpuhan tidur, sebuah fenomena alami yang mencegah tubuh dari melukai dirinya sendiri selama mimpi. Sedangkan yang lain merasakan ‘mimpi claustrophobia’ karena bisa mengamati mimpi tetapi tidak bisa mengendalikannya. Akhirnya, orang yang menderita gangguan mental, membuatnya sulit untuk membedakan antara fantasi dan kenyataan, dan mungkin lucid dream malah memperburuk kondisi tersebut.

Di sisi lain, lucid dream mungkin berhasil mengurangi jumlah dan tingkat keparahan mimpi buruk. Dalam beberapa kasus, ini karena si pemimpi dapat mengendalikan dan mengubah mimpinya sendiri. Pada dasarnya, lucid dream memberi pemimpi cara untuk menghubungkan pikiran sadar dan alam bawah sadarnya.

Upss, Ternyata Ini 5 Alasan Ketika Seseorang Memimpikan Mantan Pasangannya!

Jika Anda memiliki kesulitan untuk bermimpi atau mengingat mimpi, jangan menyalahkan diri sendiri. Butuh waktu untuk mengembangkan kebiasaan lucid dream. Ketika Anda memiliki lucid dream, amati terlebih dahulu sebelum mencoba mengendalikannya. Cobalah untuk mengidentifikasi langkah-langkah apa yang mungkin telah Anda ambil sehingga dapat membantu proses ini berjalan. Seiring waktu Anda akan lebih sering mengalami lucid dream.

Lucid dream adalah kesempatan Anda untuk bermain-main dengan kemampuan luar biasa yang terkubur di dalam otak. Ini adalah cara bagi Anda untuk memanfaatkan area terdalam otak untuk digunakan dengan baik saat sedang tidur. Ini tidak mengharuskan Anda untuk mengendalikan apa pun dalam mimpi Anda, meskipun kontrol adalah apa yang paling sering dituju para pemimpi. Orang-orang tertarik pada lucid dream karena mereka ingin dapat melakukan hal-hal yang tidak pernah bisa mereka rasakan dalam kehidupan nyata.

(Visited 1,413 times, 1 visits today)