PES 2018 vs FIFA 18, Mana yang Lebih Baik?

0
5
PES 2018 vs FIFA 18

Pecinta video game sepakbola setiap tahunnya dibingungkan dengan dua pilihan, antara PES 2018 vs FIFA 18. Untuk tahun ini, mana yang lebih baik?

Electronic Arts dan Konami setiap tahunnya bersaing dengan ketat guna memenangkan hati para pecinta video game olahraga sepakbola.

Electronic Arts hadir dengan FIFA dan Konami dengan franchise Pro Evolution Soccer yang disingkat PES acap kali membuat penggemar video game bingung, meskipun kedua franchise video game sepakbola ini memiliki basis penggemarnya masing – masing.

Lantas, di tahun 2018, mana yang lebih baik, PES 2018 atau FIFA 18?

PES 2018 vs FIFA 18: Gameplay

Berbagai media dan kritikus video game menilai bahwa PES selama ini memiliki gameplay yang lebih baik ketimbang FIFA, apalagi di tahun 2017 kemarin, banyak yang mengaku bahwa PES 2017 jauh lebih baik dari segi gameplay ketimbang FIFA 17 dimana terdapat berbagai glitch (namun di atasi dengan memberikan pembaharuan software).

Meskipun demikian, di tahun 2017 kemarin penjualan FIFA 17 40 kali lebih unggul dari PES 2017.

Di tahun 2018, FIFA melakukan berbagai perbaikan yang impresif. Di sisi lain, PES 2018 terasa tidak begitu berbeda dengan edisi tahun sebelumnya.

Dari tahun 2017, PES memiliki fitur kontrol bola yang jauh lebih baik, dan pada tahun ini FIFA menerapkan hal yang serupa.

FIFA 18 menghadirkan fitur melindungi bola yang jauh lebih efektif, tetapi PES 2018 masih menjadi juara karena peluang mencetak angka dari segala sudut yang lebih fleksibel.

PES 2018 vs FIFA 18: Grafis

Sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun bahwa Electronic Arts yang diperkuat dengan Frostbite Engine selalu unggul dari segi grafis dibanding Konami yang menggunakan FOX Engine.

Tatap muka pengguna yang disematkan pada PES 2018 terkesan jadul dan kaku, sedangkan FIFA 18 yang berhasil mendapatkan hampir semua lisensi sepakbola tampak lebih realistis, seperti menyaksikan pertandingan sepakbola di televisi.

Dari sisi pencahayaan dan warna, FIFA membuat kagum para penggemar video game sepakbola dengan tampilan yang jauh lebih ‘hidup’ ketimbang PES 2018.

PES 2018 vs FIFA 18: Mode Permainan

PES memiliki fitur Champions League dan Liga Eropa, akan tetapi terkesan repetitif dan kaku. Sedangkan FIFA masih bertahan dengan Career Mode dimana pengguna bisa memilih menjadi seorang pemain dengan posisi tertentu atau menjadi seorang manajer klub maupun tim nasional.

Selain itu mode permainan FIFA Ultimate Team yang bisa dimainkan secara online tetap melekat di hati para pecinta FIFA.

 

 

 

 

(Visited 33 times, 1 visits today)