Petai vs Jengkol, Apa Saja Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh?

0
6
Petai vs Jengkol

Petai dan jengkol memang terkenal dapat menyebabkan bau mulut ketika kita memakannya. Petai vs Jengkol, Apa Saja Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh?

Petai dan jengkol memang terkenal dapat menyebabkan bau mulut ketika kita memakannya. Namun, kedua makanan ini tetap memiliki penggemar tersendiri, bahkan mungkin Moms salah satunya.

Selain berbau, kita juga tentu tahu bahwa masing-masing dari makanan tersebut memiliki efek sampingnya tersendiri. Apa saja sih manfaat jengkol dan petai bagi kesehatan tubuh?

#Petai

Petai mengandung zat dan nutrisi seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan bersama dengan kandungan serat alami. Tak hanya itu, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam petai merupakan kandungan gula alami yang dapat menghasilkan energi yang cukup besar bagi mereka yang mengonsumsinya.

Kandungan lain di dalam petai seperti karbohidrat, fosfor, kalium, vitamin A, zat besi dan mineralnya juga ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel, lho.

Petai juga tentu memiliki banyak manfaat seperti:

1. Membantu menurunkan asam lambung dan mengatasi iritasi dengan cara melapisi dalam lambung

2. Dapat mencegah dan mengatasi stres

3. Mencegah terjadinya anemia

4. Mencegah sembelit

5. Mencegah gigitan nyamuk dan mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga dengan cara menggosokan kulit petai pada kulit

6. Dapat melancarkan buang air besar

Sedang Sakit? Konsumsi Saja 5 Makanan ‘Ajaib’ Ini Agar Cepat Sembuh!

Meski terdapat sederet manfaat petai, tetap ada pula efek samping yang perlu Moms ketahui. Makan petai secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan ginjal. Bagi para penderita ginjal dianjurkan untuk tak mengonsumsi petai sama sekali. selain itu, petai juga dapat meningkatkan asam urat, rematik serta sakit kepala.

#Jengkol

Jengkol atau yang memiliki nama latin Archidendron Pauciflorum ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang terdapat di wilayah Asia Tenggara. Jengkol masih dikategorikan ke dalam golongan polong-polongan yang berbentuk gepeng membentuk spiral, warna buahnya cokelat mengkilap dengan lapisan kulit ari tipis.

Jengkol memiliki bau yang tidak enak dan dapat menimbulkan bau tak sedap pada urin setelah mengonsumsinya, terlebih jika kita memakannya dalam keadaan mentah. Meski demikian, sangat banyak penggemar jengkol yang mencoba mengolahnya dengan suatu masakan sehingga menjadi makanan yang lezat.

Meski tergolong sebagai makanan yang memiliki bau tak sedap, ternyata cukup banyak manfaat yang dimiliki jengkol seperti:

1. Melancarkan buang air besar atau untuk mencuci perut

2. Mencegah diabetes serta kencing manis

3. Mencegah risiko terkena serangan jantung koroner

4. Dapat membuang racun-racun berbahaya yang terdapat di dalam tubuh

Di samping banyak manfaatnya, tetap ada efek samping yang dapat terjadi bila kita makan jengkol secara berlebihan berlebihan.

Meski dapat melancarkan buang air besar ternyata jengkol sebaliknya dapat menyebabkan kesulitan buang air kecil yang disertai rasa nyeri. Guna mengantisipasinya, kita sebaiknya mengimbangi dengan konsumsi air putih yang banyak.

(Visited 617 times, 1 visits today)