Buntu? Tenang, Gebet aja 5 Cara Oke Bakar Kreatifitas Ini

0
1

Tiba-tiba saja merasa buntu merasa tak punya kreatifitas, tak tahu ingin lakukan apa? Ya, semua orang pasti pernah alami kebuntuan. Cara bakar kreatifitas?

 

Ingin lakukan ini, merasa tak tepat – ingin lakukan itu, kok ya tak merasa oke. “Kreatifitas bisa membawa kita merasa oke lewat berbagai cara yang tak terhitung,” demikian Jonathan Schooler, Ph.D., profesor University of California.

Sederet poin ini bisa dicoba untuk lebih men-tokcerkan isi kepala.

 

#1   Biarkan pikiran melayang

Pas seseorang punya waktu berpikir sejenak sebelum selesaikan tugasnya, biasanya orang akan dengan mudah selesaikan dengan baik. Demikian studi dari Schooler. Waktu berpikir sejenak tersebut adalah momen dimana pikiran kreatif sedang melayang mengumpulkan atau meraih ide-ide baru.

 

Selangkah Lagi Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses Dengan Modal 5 Sifat Ini!

 

#2   Biarkan tubuh bergerak

Bergerak dalam artian: berolahraga. Sebuah studi membuktikan mereka yang punya jadwal olahraga yang teratur punya performa kreatifitas bekerja lebih baik, dibanding mereka yang tak olahraga sama sekali.

Para periset simpulkan, aktifitas berolahraga memang tak serta-merta langsung pengaruhi cara berpikir kreatif, tapi energi yang dihasilkan dari gerakan olahraga lah yang memunculkannya!

 

 

#3   Kondisi berantakan

Meja kerja penuh kertas dan berantakan membuat kelihatan seperti pekerja keras? Bisa ya, bisa juga tidak. Tapi sebuah studi menemukan, seseorang dengan meja kerja yang berantakan, ternyata lebih bisa kreatif dibanding mereka yang bermeja rapi. Kondisi berantakan memang lebih menyiratkan seseorang bebas dari norma dan batasan-batasan tertentu, tapi belum tentu kreatif.

 

#4   Minumlah!

Percaya atau tidak, meminum segelas atau dua gelas minuman beralkohol bikin seseorang bisa tampil lebih baik dalam memunculkan ide-ide kreatif baru, dibanding mereka yang tak minum.

Minuman tersebut membawa pikiran melewati hal-hal yang standar dan cenderung bisa bikin kepala berpikir outside of the box. Demikian penemuan para periset. Tentu saja, lebih dari dua gelas akan sangat bikin diri melayang bukan jadi kreatif!

 

Ini Dia Kunci Jalur Sukses ke Masa Depan

 

#5   Coba lagi 

Beristirahatlah sejenak jika segalanya buntu. Maklum, pikiran yang mumet tak akan selesaikan persoalan karena bikin otak jadi tak fokus. Inilah saatnya lakukan ‘aktifitas jeda’ sejenak, jauh dari fokus pekerjaan demi membuat otak kembali relaks dan bisa berpikir. Hal-hal pengganggu biasanya bisa jadi pemicu munculnya ide-ide baru! Demikian Mareike Wieth, Ph.D., asisten profesor dari Albion College.

 

So, jangan selalu terburu-buru. Atur langkah dan kenali saat dimana harus berhenti sejenak dan lanjut lagi dengan penuh kesegaran maksimal. Sukses!

 

Kiat sukses seru lainnya, gebet di POPULAR NOW versi Android-nya dan POPULAR NOW versi apel kegigitnya ini!

 

 

 

 

Foto Tony Santana

 

 

 

berbagai sumber

(Visited 388 times, 1 visits today)