Wow, 5 Presiden Muda Ini Naik Tahta Sebelum Usianya 30 Tahun!

0
2
presiden muda

Perancis belum lama memiliki presiden yang baru. Emmanuel Macron pun menjadi presiden muda yang pernah berkuasa disana.

 

Dilihat dari umurnya sih presiden Macron memang  muda, belum menyentuh angka 40 tahun.

Tapi tahukah POPle ternyata di dunia ini ada lhoo presiden yang naik tahta tertinggi negara walau umurnya belum sampai 30 tahun! Nah, siapa sajakah mereka berikut daftarnya.

1. Jean-Claude Duvalier (19 Tahun)

presiden termuda

Jean-Claude Duvalier adalah Presiden Haiti yang berkuasa dari tahun 1971 sampai tahun 1986. Pada bulan April 1971, Duvalier duduk di kursi kepresidenan Haiti pada usia 19 tahun setelah kematian ayahnya, François “Papa Doc” Duvalier. Tak ayal dia menjadi presiden termuda di dunia.

Siapa Sangka Sederet Tokoh Penting Dunia Ini Doyan Bercinta!

Setelah memegang kekuasaan, dia lakukan perubahan radikal dan mendelegasikan banyak wewenang kepada para penasihatnya. Ribuan orang Haiti terbunuh atau disiksa, dan ratusan ribu orang melarikan diri dari negara tersebut selama masa kepresidenannya.

2. Valentine Strasser (25 Tahun)

presiden termuda

Valentine Esegragbo Melvine Strasser menjabat sebagai kepala negara Sierra Leone dari tahun 1992 sampai 1996. Dia merebut kekuasaan tiga hari setelah ulang tahunnya yang ke-25. Valentine adalah anggota terdepan kelompok enam tentara Sierra Leone muda yang menggulingkan presiden Joseph Saidu Momoh dalam kudeta militer pada 29 April 1992. Mereka membentuk junta militer yang disebut National Provisional Ruling Council (NPRC).

3. Michel Micombero (26 Tahun)

presiden termuda

Dia adalah seorang politikus dan tentara Burundi yang memerintah negara tersebut sebagai presiden pertama dan diktator de facto selama dekade 1966 dan 1976. Dia juga anggota kelompok etnis Tutsi. Sebagai Presiden, Micombero memerintah Burundi sebagai diktator militer.

Wah, Ini Deretan Miliarder 2017 Terbaru!

Usaha menantang Micombero menyebabkan genosida etnis Hutu dimana sekitar 100.000 orang terbunuh. Rejimnya akhirnya ambruk pada tahun 1976 ketika dia digulingkan dalam kudeta Jean-Baptiste Bagaza. Micombero pergi ke pengasingan di Somalia di mana dia meninggal pada tahun 1983.

4. Ieremia Tienang (28 Tahun)

presiden termuda

Tienang adalah Presiden Kiribati yang pertama. Dia digambarkan sebagai pemimpin negara kepulauan Pasifik yang paling mumpuni. Sebagai presiden, dia menunjukkan keengganan kuat untuk bergantung pada bantuan, dengan mengatakan “orang lebih baik miskin tapi bebas”.

5. Samuel Doe (28 Tahun)

presiden termuda

Samuel Kanyon Doe adalah seorang politikus Liberia yang menjabat sebagai pemimpin Liberia dari tahun 1980 sampai 1990.  Doe menjabat sebagai ketua Dewan Penebusan Rakyat dan kepala negara secara de facto setelah melakukan kudeta tahun 1980.

Doe membubarkan konstitusi dan memimpin sebagai junta militer negara itu lima tahun ke depan. Pada tahun 1985 ia memerintahkan pemilihan dilakukan dan secara resmi menjadi Presiden Liberia ke-21. Pemilunya ditandai oleh kontroversi karena ada bukti kecurangan pemilu.

(Berbagai sumber)

(Visited 695 times, 1 visits today)