Facebook Akan Menyatukan Messenger, Instagram, dan WhatsApp

0
1
menyatukan

Facebook akan segera menyatukan semua fungsi aplikasi pengiriman pesan sehingga penggunanya bisa berbicara satu sama lain.

Penggabungan tiga platform ini akan memungkinkan pengguna untuk saling mengirim pesan tanpa berganti aplikasi sebagai bagian dari rencana untuk memungkinkan bertukar pesan lintas aplikasi. Facebook dilaporkan sedang mempertimbangkan penggabungan tiga platform yaitu WhatsApp, Instagram Direct dan Facebook Messenger yang memungkinkan pengguna mengirim pesan antar jaringan untuk pertama kalinya.

Rencana Mark Zuckerberg untuk mengintegrasikan layanan pesan Facebook, Instagram, dan WhatsApp pada akhir tahun ini atau paling lambat awal 2020. Masing-masing dari tiga aplikasi milik Facebook itu sendiri masih akan beroperasi secara independen, tetapi pengguna akan dapat mengirim pesan ke satu sama lain dari aplikasi ini. Misalnya, seseorang yang menggunakan WhatsApp dapat berbicara dengan seorang pengguna Facebook Messenger tanpa perlu berada di aplikasi yang sama. Atau, pengguna WhatsApp akan dapat mengirim pesan untuk pengguna Instagram tanpa perlu berganti aplikasi.

Pengiriman pesan pada ketiga aplikasi akan menggunakan end-to-end encryption, ini dimaksudkan untuk meningkatkan privasi dengan memastikan bahwa hanya mereka yang berada dalam percakapan yang dapat mengaksesnya. Saat ini, hanya WhatsApp yang telah menggunakan enkripsi ini secara default.

Tidak ada keraguan bahwa WhatsApp adalah layanan pengiriman pesan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, sementara Instagram telah menjadi salah satu platform teratas untuk berbagi gambar. Messenger adalah satu-satunya aplikasi mandiri dari Facebook yang harus menghadapi perjuangan jika dibandingkan dengan dua aplikasi media sosial lainnya.

menyatukan

Cara orang mendaftar untuk aplikasi memang berbeda, misalnya dengan WhatsApp yang membutuhkan nomor telepon. Facebook pun telah menghadapi banyak skandal dan banyak kritik atas privasi data pengguna, termasuk pelanggaran data baru-baru ini, dan penyebaran informasi yang salah. Penggabungan tiga aplikasi ini tentu akan menimbulkan kekhawatiran dari beberapa pengguna tentang bagaimana ini bisa cocok. Akan butuh waktu hingga integrasi diperkenalkan dan pengguna dapat melihat seperti apa hasilnya. Tetapi mengingat ada sekitar setahun sebelum itu terjadi, ada banyak waktu untuk lebih banyak pembaruan dan perubahan untuk semua aplikasi ini.

Masterstroke adalah bagian dari rencana besar Zuckerberg untuk merevitalisasi kekayaan Facebook di tengah derasnya skandal privasi. Untungnya bagi Zuckerberg, tidak ada yang tersisa untuk menentang rencananya sekarang karena pendiri WhatsApp dan Instagram telah pergi meninggalkan perusahaan, di tengah laporan tentang perebutan kekuasaan dan ketidaksepakatan tentang strategi periklanan.

Mengundang Teman Menggunakan Fitur Facebook Stories

Keputusan untuk mengintegrasikan layanan dibuat oleh Zuckerberg dan itu telah menyebabkan perselisihan internal. Salah satu pendiri WhatsApp mengatakan kepada pengikut Twitter-nya untuk menghapus akun Facebook mereka. Brain Acton mentweet, ‘sudah waktunya. #Deletefacebook.’ Salah satu pendiri lainnya, Jan Koum, meninggalkan Facebook sebulan kemudian tepatnya pada April 2018. Sedangkan untuk Instagram, pendirinya Kevin Systrom dan Mike Krieger, tiba-tiba mengumumkan untuk meninggalkan perusahaan pada bulan September.

Zuckerberg mengatakan bahwa Facebook menganggap Apple dan layanan iMessage sebagai pesaing terbesarnya. Facebook memiliki pengguna terbanyak dari platform media sosial lainnya, dan dengan menggabungkan asetnya melalui cara ini, perusahaan jelas dapat lebih bersaing secara langsung dengan iMessage Apple dan layanan perpesanan Google.

Cara Mengunduh dan Menyimpan Foto dari Instagram

Facebook membeli Instagram pada 2012 dan WhatsApp pada 2014, menambah keluarga aplikasi yang semakin berkembang. Perusahaan-perusahaan itu dimaksudkan untuk beroperasi secara independen di bawah payung Facebook. Tiga layanan perpesanan ini akan tetap menjadi aplikasi mandiri, tetapi akan memungkinkan komunikasi antar aplikasi untuk pertama kalinya. Facebook Messenger sudah menawarkan fitur Percakapan Rahasia yang dienkripsi, tetapi hanya sedikit pengguna yang mengetahuinya.

(Visited 123 times, 1 visits today)