Lepas Kreativitas di Tengah Rutinitas

0
4

Sebuah kreativitas di tengah rutinitas nampaknya merupakan hal yang mungkin saja dilakukan, namun mau tidak mau sangat sulit dihadirkan. Kondisi ini mungkin layaknya sekotak cokelat yang mampu menjadi mood booster menemani kerja Anda. Katakan coklat tersebut berisi 20 buah. Setiap Anda merasakan mood buruk Anda akan mengambilnya satu demi satu. Tanpa disadari karena Anda selalu mengkonsumsinya sekotak cokelat pun lama kelamaan habis meninggalkan mood Anda.

Mungkin seperti itulah ketika kreativitas menjadi bagian dari rutinitas. Jika sekotak cokelat habis mungkin Anda bisa membelinya lagi di swalayan. Namun bagaimana jika kreativitas Anda habis ditelan sebuah rutinitas? Padahal rutinitas kerja Anda seakan tak pernah lepas dari peran kreativitas. Nah, dalam menghasilkan kreativitas, selain perlu terus diasah asupan informasi juga sangat penting perannya. Agar Anda tetap mampu memiliki kreativitas di tengah rutinitas. Berikut beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan.

Browsing

Jika Anda adalah orang yang haus akan informasi. Jangan pernah jauhkan diri Anda dari jaringan internet. Tujuannya tak lain tak bukan agar Anda mampu meng-akses seluruh informasi terbaru dari berbagai penjuru dunia melalui berbagai situs penyedia informasi yang ada. Sempatkanlah waktu Anda di pagi hari sebelum memulai perkerjaan untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru via internet.

Asupan informasi yang Anda dapat sebelum melakukan rutinitas mampu memicu kreativitas. Bahkan jika Anda telah mengetahui topik yang akan digali melalui kreativitas, tinggal masukan saja keywords-nya dan mesin pencari pun akan memberikan hasilnya. Boleh dibilang keberadaan mesin pencari saat ini tak ubahnya  ‘Jin pengabul’ semua kebutuhan Anda. Jadi, ini bisa alat bantu mempermudah Anda menciptakan kreativitas.

Hangout

Sebuah informasi tak hanya datang dari hasil penelusuran yang memakan waktu panjang. Informasi yang kemudian akan bertransformasi menjadi ide kreatif tak jarang datang dari orang-orang sekeliling kita tanpa sengaja. Apalagi dengan didukung suasana yang nyaman dan menyenangkan, jika Anda benar-benar peka masalah ide kreatif tinggal ditunggu saja kehadirannya.

Jika memang sedang membutuhkan ide segar. Jangan ragu untuk mengajak teman Anda hangout bareng. Jangan juga berpatokan untuk mendapatkan ide kreatif Anda butuh hangout di tempat mewah. Ingat, Anda sedang mencari ide bukan mencari wanita sosialita.

Workshop

Sebuah workshop yang  didalamnya menghadirkan seorang expertise tentu akan menghasilkan banyak pengetahuan untuk diserap. Apalagi informasi yang didapatkan dari para expertise tak hanya sebatas sebuah teori yang belum tentu dapat diaplikasikan.  Mereka ada di depan Anda dan memamparkan berbagai penjelasan adalah bukti kalau mereka telah mengaplikasikan ide kreatifnya dalam dunia nyata.

Kalau sebelumnya Anda mungkin hanya mampu mendapatkan informasi. Kali ini, jika Anda memiliki sebuah pertanyaan dapat juga langsung ditanyakan. Jawaban yang akurat atau bahkan cara untuk memulainya akan disampaikan pula di hadapan Anda.

Lakukan hal baru

Melakukan hal baru di luar rutinitas yang selama ini Anda lakukan dianggap mampu memancing kehadiran sebuah kreativitas. Tak perlu melakukan hal baru yang mungkin terlalu sulit. Yang ada Anda tak akan melakukan dan ide kreatif pun tak didapat.

Coba lakukan hal baru yang sederhana misal; Kalau  biasa Anda menggunakan kendaraan pribadi ke kantor cobalah gunakan kendaraan umum. Kalau biasa Anda selalu makan di restoran berkelas tak ada salahnya mencoba warung tenda kaki lima. Atau kalau Anda biasa nge-gym setelah pulang kerja, kali ini cobalah jogging di ruang terbuka. Dengan melakukan hal baru Anda pun akan berbagai merasakan hal baru yang akan memicu menghasilkan ide-ide segar!

Kontemplasi

Jangan pernah berfikir berkontemplasi hanya layak dilakukan seorang pemikir besar. Menghabiskan waktu dengan merenung sendiri sangat wajar dilakukan. Tujuannya agar mencoba menyatukan antara real dan khayalan Anda. Bukan tak mungkin penggabungan tersebut akan  berbuah sebuah ide kreatif.

Cobalah pergi ke tempat favorit Anda dan habiskan waktu untuk menyendiri. Bawalah secarik kertas untuk mencatat dan merumuskan ide-ide kreatif Anda. Tak sedikit tokoh besar yang melakukan ini dan berhasil menemukan hal-hal besar dari proses menyendiri mereka.

 

Jadi, ciptakan terus kreativitas dalam rutinitas Anda dan ikuti Break The Routines. Menangkan berbagai hadiah menarik setiap minggunya.

 

 

 

(Visited 173 times, 1 visits today)