Punya Rasa Empati, Salah Satu Ciri Bos atau Atasan Anda Hebat!

0
2
Rasa Empati

Apa yang dimiliki seorang bos atau atasan yang hebat? Petunjuknya bukan gelar dan apa pun yang bisa dibeli. Punya Rasa Empati, Salah Satu Ciri Bos atau Atasan Anda Hebat!

Apa yang dimiliki seorang bos atau atasan yang hebat? Petunjuknya bukan gelar dan apa pun yang bisa dibeli. Jawabannya adalah empati.

Dengan itu, Anda bisa menjadi bos yang dihormati. Tanpa itu, Anda menjadi seseorang kurang disukai. Seiring kemampuan Anda makin bertambah untuk melakukan pekerjaan, tapi sifat terpenting dari seorang bos hebat adalah memiliki empati.

Kadang seseorang bingung membedakan empati dan simpati. Padahal kedua kata ini memiliki makna berbeda. Empati menurut kamus TheFreeDictionary.com, yaitu kemampuan untuk identifikasi, memahami perspektif, pengalaman, dan motivasi individu lain untuk memahami dan berbagi keadaan emosional individu lainnya.

Mudah Kok Untuk Menjadi Orang yang Memiliki Rasa Empati. Begini Caranya!

Sedangkan simpati merasa kasihan dan sedih pada orang lain. Ini lebih umum, sedangkan empati lebih dalam. Ini berarti Anda bisa menempatkan diri Anda di tempat orang lain, berbagi emosi dan pandangan hidup mereka.

Pentingnya empati di tempat kerja

Kapan pun orang ditanya mengapa mereka berhenti dari pekerjaan mereka adalah faktor “bos”. Ini bukan kebetulan. Apakah atasan adalah penganggu, dan tidak kompeten, itu bisa membuat tempat kerja menjadi tidak menyenangkan. Dalam banyak kasus, kurangnya empati adalah penyebabnya.

Padahal karyawan ingin dimengerti dan dihargai. Bos yang memiliki empati tidak hanya memenuhi kebutuhan itu, tapi akan melakukannya dengan cara yang tidak dipaksa dan dibutuhkan oleh manajemen.

Mengutip laman Wisebread, jika Anda bukan orang yang berempati secara alami jangan khawatir. Dengan waktu, dukungan, dan dorongan, seorang bos dapat belajar bersikap empati.

Yang terpenting jujur, tulus dan pengertian tentang apa yang dilakukan karyawan Anda. Pelajari lebih lanjut tentang pekerjaan, masalah, kehidupan dan harapan mereka untuk masa depan.

Bahkan jika Anda tidak bisa menyelesaikan masalah langsung mereka, pahami mereka akan membuat staf Anda merasa jauh lebih baik jika memiliki Anda sebagai atasan mereka.

(Visited 485 times, 1 visits today)