Rasa Kantuk Datang Disaat Anda Sedang Mengendarai Motor?

0
4
mengendarai motor

Yang namanya rasa ngantuk memang bisa datang kapan saja tanpa kenal waktu maupun situasi. Rasa Kantuk Datang Disaat Anda Sedang Mengendarai Motor? 

Salah satu momok bagi para pengendara sepeda motor saat di perjalanan adalah rasa kantuk yang menyergap. Jika sudah begini, istirahat sejenak memang dibutuhkan oleh pemotor. Namun begitu, terkadang para pemotor tetap bersikukuh untuk terus memacu tunggangannya karena ingin segera sampai di tujuan.

Biasanya, kantuk seperti itu bisa saja dipicu dari faktor seperti bosan, lelah, dan lain-lainnya. Lalu bagaimana cara mengusir kantuk yang mendadak muncul?

1. Geber motor

Terkadang rasa kantuk muncul ketika sedang berkendara di rute yang lurus dan panjang. Pemandangan yang monoton membuat mata terasa rileks dan akhirnya jadi mengantuk. Sebenarnya simple saja buat mengusir kantuk seperti ini.

Cukup variasikan bukaan gas, jadi dari pelan, digeber sedikit, lalu pelan lagi, geber lagi. Menggeber motor memicu keluarnya hormon adrenalin yang meningkatkan konsentrasi. Tetapi, jangan digeber-geber secara ugal-ugalan. Pastikan kondisi jalanan sedang aman.

Tetap Nyaman Naik Motor Kesayangan Saat Hujan? Begini Tipsnya..

2. Bermanuver

Selain geber motor, sekresi hormon adrenalin juga bisa dipicu dengan bermanuver di motor. Bukan maksudnya Anda mesti salto atau wheelie, tetapi cukup melakukan maneuver zig-zag. Tentunya, hal ini cuma bisa dilakukan saat kondisi jalan kosong. Sebab, terlalu berisiko jika jalanan sedang ramai.

3. Gigit lidah

Ini trik yang lazim digunakan oleh sopir truk. Anda bisa menggigit lidah, atau menggesek-gesekkan lidah ke gigi seri bagian atas. Hal ini bertujuan, agar otak melupakan rasa kantuknya dan beralih ke bagian lidah.

4. Bernyanyi

Sebaiknya Anda percaya diri menyanyikan lagu kesayangan keras-keras saat serangan kantuk mulai menyerang. Tak usah malu kalau suaranya sumbang, karena ketutup sama angin. Bernyanyi juga bertujuan bikin otak lupa sama rasa kantuk.

Buat yang Beraktivitas dengan Berkendara Motor! Awas, Ini Sederet Penyakit yang Mengintai..

5. Menepi

Kalau keempat cara di atas tidak mampu menolong Anda dalam menyingkirkan rasa kantuk, pilihan terakhir adalah menepi di tempat yang aman. Lebih baik istirahat sejenak sembari minum dan makan cemilan.

Anda bisa pilih berhenti di warung, tempat ibadah, minimarket, atau pos polisi. Yang penting, tempatnya aman.

Sekadar tambahan, bagi Anda yang suka kopi, coba tambahkan sejumput garam pada secangkir kopi. Sedikit saja, setengah sendok teh sudah berasa kok. Trik ini terkenal di kalangan sopir taksi dan sopir truk Pantura lho.

(Visited 578 times, 1 visits today)