Saat Tubuh Kehujanan, Baiknya Mandi Air Hangat atau Dingin?

0
5
Tubuh Kehujanan

Musim hujan sudah datang, risiko kehujanan pun semakin besar. Saat Tubuh Kehujanan, Baiknya Mandi Air Hangat atau Dingin?

Musim hujan sudah datang, risiko kehujanan pun semakin besar. Jika tidak ditangani dengan benar, maka beberapa penyakit seperti demam, sakit kepala dan flu bisa menjalar dengan cepat.

Usai kehujanan biasanya seseorang akan kedinginan dan memutuskan untuk menghangatkan diri. Namun kebiasaan ini ternyata tidak tepat.

Menurut dr. Nabiela Viera Yovita dari KlikDokter, mandi dengan air apapun sama baiknya. Hanya saja, mandi dengan air hangat lebih baik untuk relaksasi setelah kehujanan.

Guys Ini Tips Persiapan Berkendara Saat Musim Hujan Agar Kalian Aman

“Mandi air dingin ataupun air hanya setelah kehujanan sama baiknya, khususnya agar tidak masuk angin. Kalau mandi dengan air hangat bonus ekstranya adalah efek relaksasi,” jelas dr. Nabiela. Jika setelah mandi Anda harus beraktivitas, lebih baik mandilah dengan air dingin karena membuat badan lebih segar.

Dilansir dari Boldsky, Anda sebaiknya mandi dengan air hangat setelah basah kuyup kehujanan. Air hujan yang dingin dapat membuat suhu tubuh tidak stabil. Mandi air hangat juga merupakan cara yang baik untuk menyingkirkan semua kuman dan infeksi yang bisa Anda dapat setelah kehujanan. Mandi dengan sabun antiseptik juga disarankan.

Usai kehujanan, Anda memang disarankan untuk segera mandi. Baik air dingin maupun air hangat, keduanya sama baiknya untuk membersihkan tubuh dari air hujan dan kandungan yang dibawanya. Namun, jika yang Anda cari adalah efek relaksasi, mandi air hangat lebih tepat.

Jika belum ingin mandi, Anda bisa merendam kaki di dalam wadah berisi air hangat terlebih dulu, untuk menghilangkan kuman dan kotoran. Perlahan, suhu tubuh akan kembali normal.

(Visited 770 times, 1 visits today)