Sah! Ini Sederet Sanksi Berat yang Diterima Oleh Persib dari Komisi Disiplin PSSI

0
2
sanksi berat

Buntut tragedi meninggalnya pendukung Persija di stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sah! Ini Sederet Sanksi Berat yang Diterima Oleh Persib dari Komisi Disiplin PSSI

Terkait dengan insiden pengeroyokan yang menewaskan satu anggota The Jak Mania menjelang laga antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta, PSSI mengumumkan sanksi untuk Maung Bandung. Dari hasil sidang Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, telah disimpulkan adanya sejumlah pelanggaran kode disiplin.

Sejumlah pelanggaran yang dimaksud yakni, suporter Persib melakukan intimidasi kepada ofisial Persija pada saat MCM (pertemuan teknis), melakukan sweeping, pengeroyokan, dan pemukulan terhadap suporter Persija hingga meninggal dunia.

Komdis juga menilai, panitia penyelenggara (panpel) pertandingan gagal memberikan rasa aman dan nyaman terhadap suporter yang datang menonton. Terkait dengan pelanggaran ini, Komdis PSSI memutuskan memberikan hukuman relatif berat kepada tim beralias Maung Bandung itu.

Sejarah Singkat, Rivalitas The Jak dengan Viking yang Tak Kunjung Padam!

Terhitung dari keluarnya putusan, Persib harus menggelar partai kandang usiran di luar Pulau Jawa (Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi 2018. Hukuman itu dilanjutkan dengan menggelar laga kandang tanpa penonton di Bandung sampai setengah musim kompetisi tahun 2019.

Sementara itu, untuk pantia penyelenggara pertandingan, sanksinya adalah menghukum ketua panitia pelaksana pertandingan dan security officer berupa larangan ikut serta dalam kepanitiaan pertandingan Persib Bandung selama dua tahun.

Panpel Persib Bandung juga didenda sebesar Rp 100 juta. Panpel Persib Bandung wajib memerangi dan melarang rasisme dan tulisan provokasi serta slogan yang menghina pada spanduk, poster, baju, dan atribut lainnya dengan cara apa pun.

(Visited 532 times, 1 visits today)