Sejarah Singkat, Rivalitas The Jak dengan Viking yang Tak Kunjung Padam!

0
10
viking

Kabar duka sekaligus buruk kembali mewarnai duel panas Persib Bandung kontra Persija Jakarta. Sejarah Singkat, Rivalitas The Jak dengan Viking yang Tak Kunjung Padam!

Berita duka sekaligus buruk mewarnai duel panas Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9) sore WIB. Pada laga tersebut, satu anggota The Jak Mania, Haringga Sirila, meregang nyawa dan tidak dapat diselamatan. Haringga Sirila merupakan anggota The Jak Cengkareng Timur.

Haringga Sirila, tewas dikeroyok oleh oknum bobotoh di Stadion GBLA. Oknum bobotoh yang berjumlah banyak itu berteriak kalau orang yang dikejar merupakan anggota The Jak Mania atau pendukung Persija Jakarta.

Korban sempat meminta pertolongan kepada tukang bakso di sekitar stadion, namun oknum bobotoh tetap mengeroyok Haringga dengan balok kayu, piring, dan benda-benda lainnya.

Tentu saja, bentrokan antar-suporter ini bukanlah dikarenakan sentimen atau masalah pribadi, melainkan karena perseteruan dan rivalitas antara 2 kubu pendukung yang sama-sama memiliki jumlah besar di Indonesia.

Dikenal Begitu Fanatik, Inilah Alasannya Suporter Indonesia Terbaik di Dunia!

Memang tidak ada rekam sejarah pasti kapan awal mula perseteruan antara pendukung Persija Jakarta yang dikenal dengan nama The Jak dan suporter Persib Bandung yang dikenal dengan sebutan Viking ini. Namun, ada kabar yang mengatakan bahwa pada saat digelarnya Liga Indonesia 6 yaitu pada tahun 2000, ada sedikit gesekan yang tidak mengakibatkan kerusuhan saat laga Persija melawan Persib di Stadion Lebak Bulus, karena kedua kubu dapat saling menjaga diri.

Ketika ada lawatan ke Stadion Siliwangi Bandung, kelompok suporter Bandung yang dikenal dengan nama Bobotoh mulai melakukan aksi kurang simpatik terhadap The Jak. Bahkan sempat terjadi bentrok kecil ketika rombongan Bobotoh dan The Jak berpapasan.

Di saat yang lain, ketika Timnas Indonesia akan bertanding di Senayan, Viking berniat datang ke Jakarta untuk mendukung. Akan tetapi, mungkin dikarenakan masih dendam terhadap serangan di Bandung, rombongan Viking diserang sekelompok orang dari The Jak.

Hal tersebut kembali berulang ketika The Jak mendukung Persija saat melawat ke Cimahi melawan Persikab Kabupaten Bandung. Banyak anggota Viking bercampur dengan Bobotoh mulai melakukan penyerangan.

Dari situlah bibit permusuhan terus berkobar hingga puncaknya ketika ada sebuah acara kuis yang mendatangkan perwakilan dari beberapa kelompok suporter bola di Indonesia, termasuk The Jak dan Viking. Walaupun tidak pada tempatnya, suasana dalam studio sempat memanas dan terjadi bentrok saat acara berakhir di luar gedung.

(Visited 1,361 times, 1 visits today)