Sesekali Curhat dan Konsultasi Ke Psikolog Itu Ternyata Penting Lho!

0
4
konsultasi ke psikolog

Menemui dan curhat ke psikolog terkadang terasa tabu plus malu. Kenapa? Sesekali Curhat dan Konsultasi Ke Psikolog Itu Ternyata Penting Lho!

Mengalami masalah dalam hidup misalnya konflik dan situasi atau kejadian yang tidak menyenangkan terkait dengan diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar membuat banyak orang sebenarnya berada pada titik tertekan. Apalagi ketika tidak memiliki teman yang bisa diandalkan untuk bercerita.

Tidak adanya solusi untuk masalah dan segan untuk menceritakan permasalahan menjadi faktor yang sering kali muncul. Beberapa faktor pencetus tersebut membuatmu mengalami atau memiliki saat-saat di mana diri kita merasa down, yakni sedih, kecewa, tidak bersemangat, stres, depresi.

Tidak ada salahnya Anda yang memiliki masalah atau pun yang sekedar ingin tahu tentang diri, kejiwaan, mental, bercerita kepada seorang psikolog. Sebenarnya seorang psikolog atau psikiater juga dapat membantu orang-orang dalam permasalahan tentang kehidupan keseharian lainnya, seperti perkembangan kepribadian, kemampuan olah fisik, dan kejiwaan.

Inilah Perilaku Seorang Introvert yang Sering Dianggap Negatif Oleh Orang Lain!

Seseorang yang telah berprofesi sebagai seorang psikolog atau psikiater secara umumnya dapat membantu beberapa permasalahan, diantaranya:

#Keluarga

Psikolog atau psikiater akan membantu Anda jika mengalami masalah dalam lingkup keluarga seperti masalah dengan suami, istri, anak, orang tua dan permasalahan pernikahan. Biasanya psikolog berperan sebagai mediator untuk menyelesaikan konflik yang terjadi.

#Karir

Psikolog atau psikiater membantumu dalam hal mencari karir yang cocok yang sesuai dengan minat bakat dan potensi yang ada pada dirimu. Psikolog atau psikiater juga bisa memberikan informasi berkaitan dengan kondisi dirimu dengan urusan pekerjaan apakah itu stres, jenuh, dan depresi.

#Gangguan Klinis

Gangguan klinis ini merupakan kepribadian, gangguan kecemasan, kesulitan konsentrasi dan sebagainya. Konsultasi dengan psikiater juga bisa membantu kamu mengatasi gangguan seperti kecemasan, hilang konsentrasi, kurang motivasi, bingung yang dikarenakan trauma, atau konflik yang tak kunjung selesai.

#Analisa/Diagnosa gangguan psikologis

Psikiater juga menangani kasus dan diagnosa untuk orang dengan gangguan psikologis seperti kelainan mental, hiperaktif, dan gangguan emosional.

Demi Kesehatan Jiwa, Hindari Tipe Teman Seperti Ini!

#Penanganan Psikologi (Psikoterapi & Hipnoterapi)

Psikiater bisa juga memberikan serangkaian terapi untuk proses kesembuhan dengan melakukan metode hipnoterapi untuk menenangkan klien. Curhat kepada teman memang bisa sedikit melegakan. Jika kamu mengalami perasaan tertekan dan membutuhkan orang yang ahli di bidangnya, tak ada salahnya berkonsultasi ke psikolog atau psikiater.

(Visited 1,035 times, 1 visits today)