Setidaknya, Ada 5 Hal yang Membuat Italia Tak Lolos Piala Dunia 2018!

0
3
piala dunia 2018

Italia resmi tidak ikut Piala Dunia yang akan digelar di Rusia tahun depan. Setidaknya, Ada 5 Hal yang Membuat Italia Tak Lolos Piala Dunia 2018!

Hasil imbang tanpa gol yang terjadi pada leg kedua play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia, antara Italia kontra Swedia di San Siro, Selasa (14/11) dini hari WIB menjadi pukulan telak bagi tuan rumah. Dengan skor tersebut, maka Italia dipastikan absen di Piala Dunia 2018.

Swedia pun lolos ke Piala Dunia setelah di pertandingan leg pertama play-off Piala Dunia 2018 mereka unggul 1-0 di markas Swedia. Bukan hanya soal tak lolosnya Italia ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 60 tahun, pertandingan di Kota Milan itu juga menyajikan banyak hal menarik.

Dibalik kekalahan yang amat perih ini, tersimpan 5 fakta yang begitu menohok.

1. Cerita Pedih EURO 1992 Terulang

Tersingkirnya Italia di Piala Dunia 2018 ini mengulang sejarah kelam Gli Azzuri di tahun 1992. Ya, tepat 25 tahun yang lalu, adalah kali terakhir Italia tidak ikut dalam turnamen besar. Di tahun 1992, Italia absen dari gelaran Euro yang diselenggarakan UEFA. Kala itu, di zona kualifikasi Grup 3, Italia gagal lolos setelah disingkirkan Uni Soviet. Kala itu, timnas Italia masih dihuni oleh sosok pemain legendaris seperti Gianluca Vialli, Roberto Donadoni, dan Roberto Baggio.

Siapa Aja yang Meraih Penghargaan Best FIFA Football Awards 2017?

2. Kesombongan Sang Pelatih

Jelang dimulainya laga play-off melawan Swedia, pelatih Italia, Gian Piero Ventura sempat mengeluarkan pernyataan yang bisa dibilang terlalu confident. Meremehkan kualitass timnas Swedia, Ventura mengatakan irinya sudah tak fokus lagi ke timnas Swdia. Mantan pelatih Torino ini mengatakan bahwa dirinya justru lebih fokus soal siapa lawan yang akan ditemui Italia di Rusia nanti!

3. Wasit Pelit Pinalti

Pemimpin laga tersebut, Antonio Mateu juga ikut hadir sebagai sosok yang memengaruhi jalannya pertandingan. Setidaknya ada tiga keputusan wasit asal Spanyol ini yang layak dipertanyakan. Ketiganya adalah soal penalti.

4. Sikap Buruk Suporter Italia

Sebelum laga dimulai, publik Italia yang memenuhi Stadion San Siro secara mengherankan melakukan aksi tak sportif. Ketika lagu kebangsaan Swedia dinyanyikan, para penonton tuan rumah yang mendominasi 72.696 bangku San Siro bersiul dan meneriaki. Para pemain Swedia pun sempat kaget namun terus dengan lantang bernyanyi.

Wah, Ternyata Para Pesepakbola Top Dunia Ini Kini Menjadi Disc Jokey Handal Setelah Pensiun!

5. Pertandingan Terakhir Sang Kapten Bersama Timnas Italia

Kiper Timnas Italia Gianluigi Buffon menegaskan lolos ke Piala Dunia 2018 menjadi harga mati baginya. Apalagi, ini merupakan kesempatan terakhir baginya untuk tampil di kompetisi terakbar dalam sepak bola itu sebelum pensiun. Buffon akan menginjak usia 40 tahun pada Januari nanti, sekitar lima bulan sebelum bergulirnya putaran final Piala Dunia 2018. Dia sudah menyatakan akan pensiun usai tampil di Rusia. Jika Italia lolos, maka ini menjadi Piala Dunia keenam buat Buffon sejak 1998. Sayangnya, harapan itu pupus sudah.

Addio Italiano….

 

 

 

(Visited 369 times, 1 visits today)