Siapa yang Suka Tertidur di Meja Kerja? Ini 7 Tips Usir Rasa Kantuk di Kantor!

0
1
rasa kantuk

Mungkin tadi malam habis begadang menyelesaikan kerjaan yang tertunda. Atau habis nonton bola? Siapa yang Suka Tertidur di Meja Kerja? Ini 7 Tips Usir Rasa Kantuk di Kantor!

Kurang tidur di malam hari sering kali dijadikan alasan utama mengantuk saat jam kantor. Namun apakah Anda yakin dapat melalui hari tanpa tertidur di meja kantor? Rasa kantuk yang menyerang menyebabkan Anda susah untuk fokus dan menyelesaikan pekerjaan.

Jika Anda tergolong orang yang kerap diserang rasa kantuk saat bekerja, mungkin kiat sederhana berikut bisa dicoba untuk membuat Anda bangkit dari kantuk.

1. Konsumsi Kafein

Secangkir teh, kopi, cola, atau minuman energi, adalah sumber kafein yang kerap dicari. Kafein adalah stimulan atau zat yang bisa meningkatkan produksi adrenalin dan menghambat zat kimia yang menyebabkan kantuk.

5 Jenis ‘Virus’ yang Banyak Dijumpai di Tempat Kerja!

2. Basuh Wajah dengan Air Dingin

Tidak ada yang lebih segar selain membasuh wajah Anda dengan air dingin. Membasuh wajah Anda dengan air dingin di kamar mandi ketika waktu istirahat dapat membebaskan Anda dari rasa kantuk.

3. Dengarkan Musik

Sebuah studi yang dilakukan di Taiwan menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum mengerjakan ujian cenderung memiliki level konsentrasi lebih tinggi dibanding yang tidak mendengar musik. Musik favorit juga mengembalikan mood dan meningkatkan kemampuan otak.

 

4. Olahraga

Studi menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan energi secara keseluruhan sepanjang hari. Olahraga di pagi hari lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

5. Ngemil

Ngemil termasuk dalam “obat” pengusir kantuk. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa protein merangsang sel orexin di otak yang akan mengirimkan impuls listrik yang membuat kita tetap waspada dan terjaga.

6. Paparan Sinar Matahari

Ruangan kerja yang kurang cahaya bisa membuat mata sulit terbuka. Studi yang dilakukan di Perancis terhadap 13.000 karyawan menemukan, mereka yang ruangannya terpapar cahaya matahari jarang mengantuk saat bekerja dan risikonya menderita insomnia lebih rendah.

Bercinta di Pagi Hari Ampuh Bangkitkan Semangat Bekerja! Yuk Bercinta…

7. Ubah Lokasi

Duduk di meja yang sama sepanjang hari menjadi monoton dan terlalu nyaman sehingga menyebabkan Anda merasa ngantuk. Pergi ke dapur kantor Anda atau ruang umum dan bekerja di sana selama beberapa jam. Lingkungan baru akan membangkitkan indera Anda dan membuat Anda tetap terjaga.

(Visited 52 times, 1 visits today)