Simak! 8 Tips Bersepeda Yang Aman Untuk Berangkat Ke Kantor

0
3

Sekarang, bersepeda sudah jadi gaya hidup kaum urban. Kamu pasti sering dengar istilah bike to work alias pergi bekerja pakai sepeda. Sepeda memang bisa jadi alat transportasi yang “lincah” di tengah kemacetan dan kesemrawutan jalan kota-kota besar.

Dengan bersepeda ke kantor, kamu bisa lebih sehat dan hemat. Selain itu, kamu juga bisa berkontribusi mengurangi tingkat polusi di kota tempat tinggalmu. Selain itu, jika banyak masyarakat yang menggunakan sepeda, permasalahan seperti macet, kecelakaan lalu lintas, dan polusi udara bisa teratasi.

Di negara-negara eropa dan maju, bersepeda merupakan transportasi utama. Namun, di Indonesia bersepeda seperti tersisihkan dan hanya dijadikan hobi saja.

Simak! Beberapa tips-tips bersepeda ke kantor.

  1. Periksa kondisi sepeda

Selalu periksa kelayakan sepeda Anda sebelum Anda bersepeda. Tentunya Anda tidak menginginkan tangan Anda penuh oli akibat membetulkan rantai yang copot di tengah jalan. Bersihkan rantainya, pastikan ban sudah terisi angin, dan pastikan rem berfungsi dengan baik. Jika Anda memiliki kesulitan, bawa sepeda Anda ke bengkel terdekat untuk perbaikan.

  1. Hitung jarak tempat tinggal ke tempat kerja

Mengetahui secara pasti jarak antara rumahmu dan tempat tinggalmu itu penting agar kamu bisa mengukur kemampuan fisik kamu dalam bersepeda. Jika jarak rumah dengan kantormu dekat, kamu bisa saja setiap hari naik sepeda. Tapi kalau sebaliknya, mungkin kamu bisa bersepeda hanya pada “hari-hari pendek” seperti Jumat dan Sabtu — atau pada hari dimana kantormu tidak terlalu banyak pekerjaan.

  1. Jangan lupa membawa pakaian ganti

Sudah bersemangat bersepeda, tapi kamu sudah pake seragam kantor sejak dari rumah. Kamu sih mungkin ga masalah, tapi temen-temen kantormu mungkin yang pada protes karena bau keringet dimana-mana. Jadi pastikan, kamu berangkat menggunakan pakaian casual seperti kaos oblong dan setelah tiba di kantor, kamu bisa mandi (kalo boleh) dan dandan rapi untuk siap bekerja. Jangan lupa pake parfum biar wangi.

5 Tips Ampuh Tingkatkan Imunitas Tubuh Untuk Cegah COVID-19

  1. Pastikan ada kamar mandi di kantor

Bersepeda ke kantor tentu membuatmu harus mengeluarkan banyak keringat. Belum lagi, di jalan kamu juga harus bersaing dengan kendaraan-kendaraan bermotor. Polusi yang bercampur dengan keringat akan membuat badan kamu jadi lengket. Itu kenapa setelah turun dari sepeda kamu harus segera mandi.

Jadi, pastikan bahwa di kantormu ada kamar mandi. Kalau memang tidak, carilah tempat di dekat kantor dimana kamu bisa mandi dengan bersih. Misalnya, SPBU atau masjid. Tentu saja jangan lupa membawa peralatan mandi dan baju ganti.

  1. Rencanakan rute jalan dan patuhi rambu lalu lintas

Jalanan di Indonesia terkadang memang masih kurang nyaman untuk bersepeda, karena kita akan tersisih oleh pembalap motor jalanan. Tapi kalian bisa mengatasinya dengan mengobservasi rute perjalanan kalian. Untungnya di Indonesia ini banyak jalan alternatif dan jalan tikus yang bisa menjadi jalan pintas buat para pesepeda.

  1. Gunakan helm dan baju terang

Untuk menjaga keselamatan, kamu wajib menggunakan helm sepeda agar perjalananmu aman. Selain itu, sebaiknya gunakanlah baju berwarna terang agar kamu terlihat oleh pengendara lain di jalanan. Ini terutama penting apabila kamu berangkat bersepeda kala pagi buta, atau kalau kamu pulang menjelang malam.

Closeup Hadirkan Kampanye #SpeakUpForLove Ajak Anak Muda Suarakaan Isi Hati

  1. Lengkapi peralatan standar sepeda

Setiap kali kamu bersepeda ke kantor, bawalah perlengkapan standar seperti pompa kecil, gembok sepeda, air minum dan kotak P3K, sarung tangan, sepatu olahraga, kacamata, dan jas hujan kala musim penghujan.

  1. Tidur yang cukup dan sarapan pagi

Saat kamu bersepeda ke kantor maka kamu dituntut fisik yang prima. Apalagi perjalanan bersepeda dengan menempuh jarak yang cukup jauh. Maka sebaiknya kamu istirahat yang cukup pada malam harinya.

Selain itu, jangan lupa untuk sarapan pagi. Karena cuaca di Indonesia yang cukup panas terkadang membuat kita mengeluarkan tenaga yang lebih banyak. Jadi usahakan sarapanlah sebelum berangkat bersepeda, tapi ingat sarapannya satu jam sebelum bersepeda, biar perutmu tidak mengalami kram. Dan jangan lupa selalu isi penuh air minummu.

Itu dia tips yang bisa kamu lakukan jika ingin bersepeda. Selain menyehatkan, tentunya bisa mengurangi polusi udara. Kalian juga bisa berhemat dengan tidak mengeluarkan uang bensin.

(Visited 228 times, 1 visits today)