Peduli Kesehatan Jantung? Ini 3 Poin Seru Hari Jantung Sedunia 2017

0
2

Selama masih berdetak normal, kita suka cuek saja makan ini-makan itu dan ya, hisap rokok. Peduli kesehatan jantung, nggak nih?

 

Jantung berdebar-debar karena kencan pertama? Normal. Jantung berdebar-debar karena penyakit? Duh, itu yang nggak normal!

Nah, pas 29 September tiap tahun jadi Hari Jantung Sedunia yang sudah berlangsung sedari tahun 2000 atas inisiatif World Heart Federation.

Kesininya, 80% dari penyakit kardiovaskuler jadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Tapi sebenarnya itu bisa dicegah sedari awal.

Untuk tema Hari Jantung Sedunia 2017 ini punya tema ‘Share Your Power – Detak Jantung Sehat untuk Negeri’. Dengan tema tersebut Yayasan Jantung Indonesia mengajak semua rakyat Indonesia untuk menjaga jantung tetap sehat dan bisa mencegah serangan jantung kardiovaskuler.

Itu disampaikan pas konferensi pers Peringatan Hari Jantung Sedunia 2017, 14 September 2017, di Kantor Pusat Yayasan Jantung Indonesia, Menteng, Jakarta.

Berikut sederet poin penting Hari Jantung Sedunia:

 

#1  30% Kematian di dunia disebabkan penyakit kardiovaskuler

Ya, demikian data yang didapat dari WHO pada 2005. Itu berarti sejumlah 17,5 juta dari 58 juta kematian di seluruh dunia, loh! Penyebab kematian terbagi: serangan jantung (7,6 juta), strok (5,7 juta), dan lainnya adalah penyakit jantung dan pembuluh darah.

 

#2  3 Gaya Hidup Sehat

Kematian tersebut di atas sebenarnya bisa dicegah jika kita punya niat untuk mencegahnya. Seperti?

Fokus pada 3 gaya hidup sehat yang dikampanyenkan Yayasan Jantung Indonesia yaitu Fuel Your Heart atau punya pola makan dan minum yang sehat, Move Your Heart alias aktif berolahraga dan Love Your Heart dengan kata lain ‘berhenti merokok’! Nah …

 

Olahraga yang tepat jadi solusi cegah penyakit jantung. Jangan sembarang berolahraga!

 

#3  Lakukan 5 Usaha Jantung Sehat

Atau juga dikenal sebagai Panca Usaha Jantung Sehat yang berisi Seimbangkan Gizi, Enyahkan Rokok, Hadapi dan Atasi Stres, Awasi Tekanan Darah dan Teratur olahraga. Kurang apa lagi nih? Oh iya, niat dan usaha…

Selain itu Peringatan Hari Jantung Sedunia 2017 juga diperingati dengan serangkaian kegiatan di beberapa kota, seperti Palembang, Manado dan Samarinda, dengan dukungan penuh dari OMRON.

 

Sayangi jantung Anda, POPle!

(Visited 148 times, 1 visits today)