5 Tips Jitu Mempersiapkan Presentasi Untuk Orang Pemalu

0
6
5 Tips Jitu Mempersiapkan Presentasi Untuk Orang Pemalu

POPle merasa gugup untuk tampil di depan umum. Terlebih saat presentasi kerja di hadapan rekan kerja dan atasan. Ada cara jitu untuk mengatasinya. 

 

Orang dengan tipe yang pemalu, mudah gugup, dan cepat merasa panik memang menjadi kendala tersendiri untuk melakukan presentasi pekerjaan. Padahal memiliki ide-ide yang cemerlang dan bisa memajukan kinerja dari tim tapi tidak tahu bagai mana harus mempresentasikannya ke depan rekan kerja dan atasan. Tenang sebelum presentasi cobain beberapa tips berikut.

1. Persiapkan Energi

Sebelum memulai presentasi pastikan Kamu memiliki energi yang cukup. Bila presentasi dilaksanakan di pagi hargi jangan lewatkan sarapan, di siang hari jangan lewatkan makan siang. Kekurangan nutrisi dalam tubuh akan mempengaruhi energi Kamu saat presentasi. Usahakan dalam tubuh sudah tersimpan tenaga yang dibutuhkan selama jalannya presentasi.

Kantor Kamu Penuh Drama? 5 Trik Ini Bantu Menghindarinya

2. Siapkan Penampilan

Kadang masalah bagi orang pemalu dan gugup karena disebabkan merasa dirinya kurang percaya diri. Sebelum presentasi usahakan Kamu grooming secara maksimal agar tidak ada celah dari penampilan yang merasa membuat Kamu minder.

3. Jadi Diri Sendiri

Jujur merupakan kunci kesuksesan Kamu saat presentasi. Tampilah menjadi diri sendiri saat sedang membawakan materi presentasi. Gunakan pembawaan dirimu apa adanya jangan menjadi pribadi lain, agar tidak terkesan kaku saat presentasi.

4. Bangun Presentasi Jadi Percakapan

Untuk mengurangi rasa tegang, Kamu bisa mengubah presentasi menjadi dua arah. Jadi seolah-olah bukan hanya Kamu yang mempresentasikan tapi buat presentasi menjadi sebuah diskusi yang menyenangkan.

Mau Merayakan Ulang Tahun Teman Kerja di Kantor? Ini Etikanya…

5. Rencana Cadangan

Tentu saat presentasi akan ada pertanyaan-pertanyaan yang sulit untuk Kamu jawab untuk itu Kamu musti mempersiapkan recanan cadangan atau jawaban alternatif yang musti Kamu fikirkan sebelumnya.

 

(Visited 94 times, 1 visits today)