Penting untuk Diberitahu ke Si Dia, 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Tempat Kerja!

0
2

Pencegahan pelecehan seksual di tempat kerja kini telah menjadi perhatian nasional maupun internasional. Dan bentuk pelecehan seksualnya bisa bermacam-macam. Bisa berbentuk verbal hingga fisik!

 

Masih terekam jelas di ingatan kita mengenai kabar dugaan pelecehan seksual dan pemerkosaan yang dilakukan oleh produser kenamaan Harvey Weinstein yang sekaligus mencoreng nama industri perfilman Hollywood. Ya, memang, sederet kasus pelecehan seksual tersebut terjadi di lingkungan profesional.

Lingkungan pekerjaan memang jadi salah satu lokasi yang paling rentan untuk terjadinya pelecehan seksual, terutama terhadap karyawan perempuan. Untuk itu penting bagi Anda untuk memberi tahukan kepada si dia tentang tanda-tanda pelecehan seksual di tempat kerja berikut ini..

1.  Memberi Pujian Pada Bentuk Tubuh atau Cara Berpakaian Anda

Bos yang suka memberi pujian kepada wanita mengenai busana yang dikenakan atau bentuk tubuh yang seksi, tentu saja membuat mereka merasa risih jika ini terjadi secara terus-menerus. Apalagi jika ia mulai melihat tubuh wanita tersebut. Ini juga termasuk salah satu tipe pelecehan seksual, meskipun masih dianggap umum.

2. Menyentuh Atau Mencolek Bagian Tubuh

Menyentuh atau mencolek bagian tubuh lawan jenis mungkin bisa dianggap sebagai sebuah pelecehan bagi orang tersebut, apalagi kalau dilakukan secara sengaja. Mungkin hal ini dianggap biasa, atau hanya sebagai lelucon. Namun, pernahkan kamu memikirkan personal space tiap orang yang berbeda? Sentuhan-sentuhan fisik seperti itu bisa saja membuat mereka merasa tidak nyaman.

Bingung Mau Ganteng? Sikat 5 Jurus Bikin Rambut Tampil Beda Ini

3. Melontarkan Sexual Jokes

Pernahkah kamu melontarkan lelucon yang berhubungan dengan bagian tubuh seseorang, atau bahkan ajakan seks? Mungkin hal tersebut juga tidak terlihat sebagai sebuah pelecehan karena tidak melibatkan sentuhan fisik. Tapi ingat, perkataanmu bisa lebih jauh menyakiti hati orang lain dibanding sesuatu yang berbau fisik. Pelecehan verbal bisa sangat mempengaruhi mental seseorang yang dijadikan sebagai target leluconnya. Maka dari itu mulai dari sekarang, perhatikan kembali kata-kata lelucon yang kamu gunakan, ya!

4. Mengajak Jalan

Jika bos atau rekan kerja mengajak Anda jalan, memang ini terkesan bersahabat. Namun aoabila ajakan tersebut terlalu sering terjadi dan Anda mulai merasa tak nyaman, tak ada salahnya bila menolaknya. Apabila saat Anda menolak, mereka masih juga memaksa, itu sudah termasuk pelecehan.

Pergi Liburan Kali, Kerja Terus!! Ini 5 Alasan Kenapa Liburan Itu Juga Penting!!

5. “Jika kamu baik, saya akan baik”

Apabila bos Si Dia mengatakan itu, artinya ia mengharapkan adanya timbal balik dari wanita tersebut. Waspadalah bila atasannya sudah mengatakan demikian. Sebab, bisa jadi ia sedang meminta pasangan kamu untuk melakukan hal yang diinginkannya.

(Visited 78 times, 1 visits today)