Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru, Inilah Tempat Wisata Menarik di Kalimantan Timur

0
3
Kalimantan Timur

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi yang terkenal akan bentang alamnya yang indah. Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru, Inilah Tempat Wisata Menarik di Kalimantan Timur

Kalimantan timur merupakan salah satu provinsi yang terkenal akan bentang alamnya yang bergunung-gunung, sebagai pusat pertambangan, dan juga wisata budaya berupa banyaknya kerajaan di Kalimantan Timur, terlebih kerajaan Kutai, yang merupakan kerajaan pertama di Nusantara.

Sungai Mahakam yang membelah provinsi ini juga menambah keindahan provinsi ini, ditambah dengan fauna langkanya nan lucu, Pesut Mahakam. Berikut ini merupakan tempat wisata di Kalimantan Timur yang dapat POPle kunjungi .

1. Bekas ibukota Kerajaan Kutai Kartanegara

Salah satu area ibukota kerajaan Kutai Kartanegara yaitu kota Tenggarong, 45 km dari kota Samarinda, menyuguhkan wisata budaya berupa museum Mulawarman, Kedaton Kutai Kartanegara, Museum Kayu Tenggarong. Selain itu juga terdapat Planetarium Jagat Raya , yang berisi pameran ilmu Tata Surya dan ada Taman Tata Surya , Jembatan Repo-repo yang menghubungkan ke Pulau Kumala, pulau delta sungai Mahakam yang berisi wahana wisata berupa menara, kereta mini, kereta gantung, akuarium raksasa
yang memajang ikan pesut, dan resort. Serta wisata religi berupa masjid Jami’ Hasanudin.

2. Tepian Sungai Mahakam

Belum lengkap rasanya kalau ke Kalimantan Timur tanpa singgah ke tepian sungai Mahakam, paling pas saat sunset atau malam hari baik di kota Tenggarong maupun Samarinda. Sungai Mahakam merupakan sungai yang bermuara di selat Makassar, lalu kemudian terbentang sepanjang 920 kilometer melewati Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda bagian hilir. Jika beruntung, Anda
akan menemui salah satu fauna langka di sana yaitu Pesut Mahakam, mamalia air tawar yang keberadaannya sangat-sangat dilindungi.

Intip Kecantikannya Wanita Calon Ibu Kota Baru Indonesia Yuk Guys

3. Liang Mangkulangit

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Paser yang merupakan bukit karst yang berfungsi sebagai dinding serta atap dari sungai Kandilau. Memiliki arti “Goa yang Menangkat Langit” karena bentuknya menjorok ke atas seolah sedang mengangkat langit. Untuk meninkmati keindahan Liang Mangkulangit, Anda dapat menggunakan perahu untuk menyusuri sungai Kandilau dengan pemandangan hijaunya pepohonan serta batu yang menjulang tinggi yang berlumut hijau, serta fauna yang akan menemani perjalanan anda ketika menyusuri objek wisata ini.

4. Pantai Melawai

Salah satu pantai yang terkenal di Kalimantan Timur, terletak di tepian Teluk Balikpapan menjadi spot yang menarik untuk hunting Sunrise maupun Sunset. Sambil bersantai menikmati sore di tepiannya, Anda juga dapat mengambil spot indah untuk foto terlebih karena Pantai Melawai terletak di teluk yang menghadap ke selatan, sehingga tidak menghalangi cahaya matahari saat sunset. Pantai ini juga tidak memiliki pasir putih atau tanah yang landai seperti layaknya pantai lainnya, tetapi merupakan bibir pantai. Di seberang pantai juga terdapat pulau Bulu Babi karena merupakan habitat bagi Bulu Babi.

5. Pulau Beras Basah

Merupakan pulau kecil yang masuk ke dalam wilayah administrasi kota Bontang. Memiliki kisah yang cukup unik karena pulau Beras Basah berasal dari tumpahan beras dari perahu layar berasal dari Sulawesi karena terkena ombak besar yang menutupi sebagian permukaan air di sekitar pulau. Destinasi wisata yang dapat ditempuh dari pelabuhan Tanjung Laut, Kota Bontang menggunakan kapal kayu. Di pulau ini Anda dapat snorkeling untuk menikmati terumbu karang serta panorama bawah laut. Jika Anda ingin berada di tepi pantai, jangan khawatir karena ombak laut pulau ini tidak begitu besar.

 

Author: Valdy

Editor: Fariz

(Visited 95 times, 1 visits today)