Duh, Ternyata Berita Pokemon Go Banyak yang Hoax Belaka!

0
1

Siapa sangka berita Pokemon Go yang bersifat buruk, cuma rekayasa?

Banyak berita Pokemon Go seiring makin tren-nya games ini. Tak sedikit dari berita Pokemon Go bersifat negatif. Contohnya, kabar seorang remaja yang membunuh adiknya karena Pokemon rendah bernama Pidgey, banyak orang terbunuh di jalan tol Massachusetts pas seseorang berhenti di tengah jalan demi menangkap Pikachu, dan paling heboh: ISIS mengklaim bertanggung-jawab atas semua tragedi Pokemon –  berita Pokemon Go itu semua digelindingkan situs CartelPress.com.

So?

Situs tersebut telah membuat kurang-lebih 100 ribu orang men-share berita Pokemon Go pertama di Facebook. 64 ribu orang men-share berita terakhir. Bagaimana dengan kecelakaan jalan tol gara-gara Pokemon? 384 ribu orang membaginya di Facebook dalam waktu beberapa hari!

Duh, Ternyata Berita Pokemon Go Banyak yang Hoax Belaka!
Duh, Ternyata Berita Pokemon Go Banyak yang Hoax Belaka!

Asal tahu saja, CartelPress adalah salah satu dari Pokesteria alias pemanas eksistensi game Pokemon Go. Konyolnya, CartelPress bisa menggerakkan para gamer bersimpati. Supir Uber yang mengklaim dirinya menyaksikan pembunuhan selagi ia bermain tangkap-menangkap Pokemon!

CartelPress juga membuat situs The Atlantic menurunkan berita besar tentang kecelakaan di jalan tol dengan judul ‘Tragedi Pokemon Go’. Situs berita mapan lainnya, New York Post, juga melakukan hal yang sama. Demikian dilansir dari MSN.

Lalu berita Pokemon Go apalagi?

Masih banyak lagi dan itu ‘kerjaan’ dari Pablo Reyes, prankster dumay berusia 26 tahun. Prankster? Menurut kamus Oxford, ‘Prankster’ adalah seseorang yang suka bermain-main dengan segala sesuatu dalam konteks becanda. Prankster juga bisa diartikan suka tipu-tipuan. Jadi dalam hal ini, Pablo memang merekayasa semua berita buruk seputar Pokemon Go!

Alasan penyebaran berita buruk Pokemon Go?

games

Apalagi kalau bukan demi mendongkrak naik situs yang baru saja diciptakannya, CartelPress, tadi. “Aku memang sedang mencoba platform baru CartelPress.com, apakah situs ini bisa berjalan dengan baik, apakah dengan program yang dipakai bakal mendorong situs ini ke halaman utama (Google),” ujar Pablo ke situs The Daily Beast, yang notabene situs paling kritis di dumay.

 

Menyebar viral

Dan ya, apa yang dilakukan Pablo berhasil. Apa yang diinginkannya berjalan sesuai dengan rencananya. Semua berita yang ada di situs tersebut menyebar viral secara tak sengaja.

Pablo sendiri bukan orang yang baru melek di dumay. Sebelumnya ia mengoperasikan situs Huzlers.com, yang mendapat like nyaris setengah juta di Facebook. Ia menulis berita-berita Pokemon Go terbaru di CartelPress dan berpikir mungkin saja bisa didongkrak via laman Facebook-nya Huzlers.

Oh lala! Rumah pria ini jadi ajang gym-nya Pokémon Go! Buka

Para ‘penggemar’ Huzlers sebenarnya memang sudah tahu kalau semua berita Pokemon Go di situs yang dibaca mereka itu palsu. Mereka menelaah berita-berita tersebut dengan rasa tak percaya, tapi waktu berjalan dan semua berita tersebut malah di-share penggemar Huzlers di akun Facebook mereka yang notabene meraih atensi mereka yang bukan ‘pembaca’ Huzlers. Akhirnya semua berita tersebut pun tumpah masuk ke Reddit, lalu ke Twitter tanpa ada atribut!

Nyatanya gak cuma berita hoax tentang SARA yang marak di dalam negeri, berita Pokemon Go di luar sana pun mengalaminya!

(Visited 585 times, 1 visits today)