Jaring Bibit-Bibit Pebalap Baru, Pertamina Luncurkan Pertamax Motorsport Program

0
1

Sebagai perusahaan minyak milik negara, Pertamina ingin terus mendukung olahraga otomotif yang kian hari kian marak di Tanah Air. Tahun ini, dalam rangka menjaring bibit-bibit pebalap baru, Pertamina pun menggagas sebuah hajatan bertajuk Pertamax Motorsport Prorgam (PMP).

Dikatakan Afandi, selaku Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina, PMP bertujuan untuk menemukan pebalap-pebalap baru potensial yang nantinya dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah otomotif internasional. “Kami membentuk Pertamax, baik tim maupun event. Saat ini, kami masih fokus untuk membangun manusianya, kami belum ada rencana untuk membangun sirkuit baru,” ujar Afandi saat konferensi pers PMP di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (14/4) siang.

Dua agenda besar Pertamax Motor Program

Afandi menambahkan, akan ada dua agenda besar di PMP ini. Pertama adalah Pertamax Championship, di mana akan menggelar kejuaraan dari tiga cabang olahraga otomotif. Ketiga ajang tersebut meliputi Pertamax Drifting Championship, Pertamax Racing Sprint Rally Championship, serta Pertamax Drag Bike Championship.

Sementara agenda keduanya adalah keikutsertaan Pertamax Motorsport Team di empat cabang olahraga otomotif dengan menggunakan nama Pertamax Drift Team, Pertamax Rally Team, Pertamax Dragbike Team, serta Pertamax Offroad team yang akan berlaga di ajang Indonesia X-Offroad Racing 2016. Pertamax Motorsport Team sendiri akan diperkuat oleh pebalap-pebalap seperti Rifat Sungkar, Rizal Sungkar, Yedidiah, Rio Saputro, dan Lucky Reza.

Ketika ditanya kenapa memilih dragbike sebagai event di kelas motor, Rifat Sungkar mengatakan jika alasan utamanya adalah karena acara drag banyak diminati. “Dibandingkan dengan acara balap motor lain, acara drag itu pesertanya paling banyak. Biasanya antara 500 hingga 800 peserta. Sementara road race hanya sekitar 400 peserta. Nah, dengan jumlah yang banyak itu, dragbike cocok untuk mencari bibit baru,” terang Rifat.

FYI, PMP akan dibuka lewat event Drift War sebagai bagian dari Pertamax Drift Championship. Acara tersebut akan dihelat pada 15-16 April 2015 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, bersamaan dengan berlangsungnya gelaran Indonesia International Motor Show 2016.

 

 

(Visited 78 times, 1 visits today)