Kanamara Matsuri: Festival Yang ‘Enggak Biasa’ Ala Jepang

0
3

Jepang bisa dibilang gudangnya hal-hal unik. Salah satu keunikan yang populer di sana adalah Festival Penis tahunan atau yang dalam tradisi Jepang disebut Kanamara Matsuri.  Pada acara tersebut, ribuan orang akan berkumpul mengenakan busana tradisional Jepang lengkap dengan segala aksesoris berbentuk penis.

Kanamara Matsuri dihelat di Kuil Kanamaya wilayah Kawasaki. Acara tersebut dirayakan setiap minggu pertama pada bulan April. Selama acara bergulir, kuil itu disesaki oleh warga dan wisatawan yang ingin berdoa atau sekedar menyaksikan jalannya upacara.

Selidik punya selidik, event tersebut ternyata telah diselenggarakan sejak tahun 1600-an lalu. Konon, menurut legenda, sesosok iblis pernah bersembunyi di dalam vagina seorang wanita. Tak hanya itu, sang iblis juga diketahui mengebiri dua penis pria sekaligus. Akibat kejadian itu, para wanita meminta bantuan pada seorang pandai besi untuk membuatkan penis berbahan besi guna memerangi sang blis.

Tak sampai di situ, seorang pemimpin Shinto juga meminta warga pada masa itu untuk membangun sebuah kuil penis raksasa. Dan saat ini, kuil tersebut ramai dikunjungi masyarakat untuk berdoa agar dikaruniai anak hingga pekerja seks komersial (PSK) yang meminta perlindungan dari berbagai penyakit berbahaya.

Dalam festival tersebut, pengunjung bisa membeli berbagai pernak-pernik berbentuk penis, mulai dari permen, lilin, makanan, bahkan alat perang. Tak hanya itu, pihak penyelenggara juga mengumpulkan dana dalam rangka mencegah penyakit menular seksual dan untuk penelitian HIV.

Nah, jika Anda tertarik mengunjungi festival tersebut, datang saja ke sana pada 3 April 2016 mendatang. Sementara sambil menunggu tahun depan, saksikan dulu keseruan Festival Penis yang belum lama ini dihelat !

 

(Visited 321 times, 1 visits today)