5 Fakta Unik Momen Pemilu yang Terjadi di Berbagai Negara

0
3

Masih dalam nuansa kemeriahan momen pemilihan umum (pemilu) pada hari ini, ternyata terdapat fakta unik seputar pemilu di beberapa negara lain.

 

Tidak hanya di Indonesia, pesta demokrasi seperti pemilu juga terjadi di berbagai belahan dunia lain, dimana presiden bertindak sebagai kepala pemerintahan sekaligus kepala Negara.

Bicara tentang penyelenggaraan pemilu, ternyata, praktik demokrasi dan sistem pemilihan umum berbeda-beda di setiap negara. Hal ini memberi sisi unik dan tradisi menarik sebuah kegiatan pesta demokrasi. Penasaran kan POPle? yuk, simak fakta berikut ini..

1. Ikut Pemilu Adalah Wajib di Australia

Setiap warga negara Australia yang berusia lebih dari 18 tahun diwajibkan oleh hukum untuk mendaftar pemilu. Siapa pun yang tidak muncul pada hari pemilu didenda sebesar AU$20. Bila tidak membayar denda tersebut bahkan akan menambah denda hingga sebesar AU$180 dan dapat mengakibatkan tuntutan pidana.

Pemimpin-pemimpin Dunia Ini Begitu Dicintai Oleh Rakyatnya!

2. Hanya muslim yang memiliki hak pilih di Maladewa

Maladewa atau Maldives memang terkenal dengan negara yang penduduknya beragama Islam. Makanya, peraturan terdahulu di Maldives hanyalah orang Islam yang boleh memiliki hak pilih untuk tetap melestarikan kecirikhasan Maladewa tersebut.

3. Di Belgia, hak pilih bisa diwakilkan

Pada dasarnya, sama seperti di Indonesia yang nggak memperbolehkan rakyatnya untuk diwakilkan dalam pemilu. Tapi di Belgia, kalau benar-benar harus diwakilkan, harus menyertakan surat kuasa dan membawa kartu identitas pemilih yang diwakili. Memang bisa sih, tapi regulasi dan juga peraturan ketatnya harus tetap ditaati.

4. Di India, bentuk tinta pemilih sangat unik

Kalau di Indonesia, tanda sudah ikutan pemilu kan dengan menyelupkan jari ke dalam tinta. Pada dasarnya, di India juga sama menggunakan tinta juga. Tapi bedanya bukan dicelupin, tapi dioleskan berbentuk garis lurus dari kuku ke punggung jari telunjuk.hmm menarik ya POPle?

Wah, 6 TPS alias Tempat Pemungutan Suara Ini Unik Banget!

5. Pemilu pakai kelereng di Gambia

Negara Gambia di Afrika Barat dikenal dengan dengan negara kecil dengan tingkat melek huruf yang rendah. Hal ini membuat pelaksanaan cara pemilu di Gambia berbeda dengan di Indonesia atau negara maju lainnya. Dengan memasukkan kelereng ke dalam drum sebagai cara pilihnya. Di setiap drum pun ditempelkan foto dan juga warna berbeda-beda dari setiap calon sebagai identifikasi.

 

Nah, itulah berbagai fakta unik pemilu berbagai belahan dunia, apapun perbedaannya pemilihan umun harus berlangsung damai ya POPle!

(Visited 617 times, 1 visits today)