Alamak, Nelayan Kuba Pancing Ikan Pakai Kondom!

0
3

Sejumlah nelayan di Kuba sana punya cara unik untuk pancing ikan, pakai kondom jadi salah satunya!

 

Seperti yang kita tahu, kondom jadi alat kontrasepsi paling populer di dunia. Namun, siapa sangka jika produk itu ternyata punya fungsi lain yang terbilang unik? Yap, di Kuba sana, kondom digunakan sejumlah nelayan untuk pancing ikan.

Waduh!

 

Seorang nelayan pancing ikan pakai kondom
Seorang nelayan pancing ikan pakai kondom

 

Menurut kabar, memancing pakai kapal atau perahu di Kuba butuh perizinan yang cukup rumit. Alasannya, otoritas setempat khawatir warganya melarikan diri ke luar negeri lewat jalur laut.

Di sisi lain, ikan-ikan yang harganya mahal sejatinya cuma bisa didapat di tengah laut. Karena itulah sejumlah nelayan di sana pakai teknik balloon fishing alias memancing dengan balon. Nah, untuk menghemat biaya, mereka pakai kondom yang disubsidi oleh pemerintah.

Bisa aja!

 

Kondom tampak mengapung di air
Kondom tampak mengapung di air

 

Cara pancing pakai kondom ala nelayan Kuba terbilang sederhana. Kondom hanya perlu ditiup hingga membentuk balon, lalu disambungkan dengan tali pancing dan umpan. Setelah siap, lemparkan balon tersebut ke tengah laut dan biarkan hanyut ke tengah. Jika umpan disantap, barulah tarik tali ke pinggir.

Tak Pakai Kondom Saat Berlakon, Perusahaan Film Ini Kena Sanksi!

 

“Ini sangat menakjubkan. Teknik pancing pakai kondom benar-benar efektif,” ujar seorang nelayan muda, Michel Perez.

Penjualan kondom di toko-toko farmasi pemerintah Kuba dikabarkan melonjak tajam selama musim ikan. Ya, dengan biaya yang sedikit, para nelayan bisa peroleh pemasukan yang cukup banyak.

 

Hasil tangkapan nelayan
Hasil tangkapan nelayan

 

Teknik pancing pakai kondom yang diterapkan para nelayan kabarnya sanggup menangkap beberapa jenis ikan mahal, seperti kakap merah, barracuda, bahkan tarpon.

Di pasar gelap, hasil tangkapan mereka dihargai 10-20 dolar AS (sekitar 135 ribu hingga 270-an ribu rupiah). Nilai itu terbilang lumayan mengingat pendapatan rata-rata warga Kuba hanya sekitar 25 dolar AS (sekitar 340 ribu rupiah) per bulan.

Dilansir Oddity Central, tak ada yang tahu persis siapa penggagas teknik pancing pakai kondom tersebut. Namun, menurut keterangan sejumlah nelayan, cara itu adalah variasi dari metode pancing pakai layang-layang yang diterapkan nelayan Afrika Selatan.

Alex Romeo (42) bilang, memancing pakai kondom cerminkan kecerdikan warga Kuba. “Bisa dibilang, masyarakat Kuba bisa selesaikan suatu masalah tanpa habiskan banyak uang,” ujar Presiden Federasi Nelayan Old Havana ini.

(Visited 328 times, 1 visits today)