Pinjaman Uang Ini Jaminkan Foto Telanjang

0
11

Pinjaman uang ini tak hanya memiliki syarat surat identitas tapi juga foto telanjang

Pernah atau tahu tentang persyaratan pinjaman uang? Kalau yang Anda tahu persayaratan pinjaman uang cukup dengan memberikan kartu identitas atau surat berharga, yang ini jauh berbeda. Dilansir dari shanghaiist.com, para rentenir di China kini memberlakukan syarat pinjam uang berupa foto bugil.

Fenomena ini terendus dari kejadian yang baru-baru ini terjadi di China. Setelah adanya laporan dari korban ke kantor kepolisian.  Korban mahasiswi tersebut Li Li (Bukan nama sebenanrnya) datang dan meminta bantuan pada polisi.

Pinjaman uang bersyarat foto telanjang marak di China

Pinjaman uang sebesar 500 yuan diberikan peminjam pada wanita ini pada bulan Februari dengan tingkat bunga mingguan 30%. Jelas itu merupakan bunga yang cukup besar dari layanan jasa pinjaman uang. Li Li merasa itu terlalu banyak, apa lagi harus dibayar tiap minggu. Semakin lama akhirnya bunga pinjaman uang pun meningkat mencapai 10.000 yuan.

Pinjaman Uang Ini Jaminkan Foto Telanjang
Pinjaman Uang Ini Jaminkan Foto Telanjang

Dalam prosedur platform pinjaman online yang Li gunakan, dirinya diharuskan menyerahkan fotokopi kartu identitas, kartu mahasiswa dan data keluarga sebelum pinjaman diberikan. Pada titik tertentu, para kreditur menolak untuk memperbaharui pinjamannya, kecuali dirinya juga memberikan foto telanjang sambil memegang kartu ID.

Li pun sebenarnya enggan memenuhi, namun apa daya utangnya berputar di luar kendali, mengembung menjadi 55.000 yuan dalam empat bulan. Pada saat itu, dia akhirnya pergi ke polisi dengan orang tuanya. Li mengatakan bahwa dia tahu banyak perihal jasan pinjaman uang bersyarat foto telanjang ini. Beberapa teman kampus lainnya yang juga menjadi korban dalam perangkap yang sama, tetapi tidak berani berbicara.

Baca juga :  Ini dia wanita terakhir yang bakal bugil di Playboy!

“Jika Anda tidak membayar pada akhir bulan ini, foto akan go public,” ancam pemberi pinjaman dalam grup chat. Li memberi tahu pada wartawan tentang pinjaman dan korban dari kelompok di QQ, dimana rentenir beroperasi.

Pinjaman Uang Ini Jaminkan Foto Telanjang

Southern Metropolis Daily melaporkan, salah satu reporter pun menyelidiki, ia berpura-pura sebagai mahasiswi muda dan meminta pinjaman dengan syarat foto telanjang sebagai jaminan. Dalam dua jam, wartawan ini pun didekati oleh tidak kurang dari lima pemberi pinjaman.

Aneh, Demi Uang Kompensasi Pria Asal China Ini Berpura-pura Tertabrak Dalam Keadaan Bugil

Menurut salah satu komentar dari Beijing News, tingkat bunga mingguan 30% dalam kasus Li jelas melebihi tingkat bunga maksimum pinjaman swasta di bawah hukum China. Terlebih meminta foto telanjang sebagai jaminan jelas sebagai tindak ilegal.

Kira-kira hukuman apa ya, yang pantas mengganjar jasa ilegal tersebut?

 

(Visited 9,073 times, 1 visits today)