Polisi di Negara Ini Terbukti ‘Magabut’

0
1

Apa yang bakal terjadi bila sebuah negara memiliki tingkat kriminalitas rendah? Aman-sentosa, sudah pasti. Dan imbasnya, tentu saja petugas keamanan di negara tersebut kerap ‘makan gaji buta’ karena kerjaan sehari-harinya bisa dibilang santai, berbeda dengan polisi yang bertugas di negara yang tingkat kriminalitasnya tinggi.

Lantas, polisi di negara mana yang tugasnya paling ‘enteng’? Islandia jawabannya.

Baru-baru ini, Global Peace Index (GPI) merilis daftar negara di seluruh dunia yang berstatus paling aman hingga yang paling tidak aman. Sebagaimana dilansir Daily Mail, Islandia menempati urutan pertama negara paling amam sedunia. Dan ya, menurut informasi yang beredar, polisi di sana seringkali ‘bengong’ karena tak ada tugas.

Dalam keterangannya, Islandia memperoleh nilai hampir sempurna, yakni 1.148. Hasil tersebut diperoleh setelah GPI menganalisa beberapa faktor, mulai dari tingkat kejahatan-kekerasan, teror politik, ekspor-impor senjata, serta populasi penjara di negara itu.

Urutan kedua sampai sepuluh negara paling aman ditempati oleh Denmark, Austria, Selandia Baru, Swiss, Finlandia, Kanada, Jepang, Australia, dan Republik Ceko. Sementara negara yang mendapat predikat tidak aman meliputi Sudan Selatan, Republik Afrika Tengah, Somalia, Sudan, Kongo, Pakistan, Afghanistan, Korea Utara, dan Rusia.

Di manakah posisi Inggris? Negara tersebut ternyata menduduki peringkat 39 dalam GPI. Amerika dan Suriah harus puas berada di peringkat 94 dan 162.

(Visited 142 times, 1 visits today)