Punya Rencana Mudik Pake Sepeda Motor? Simak Tipsnya Berikut Ini!

0
3
sepeda motor

Nggak kebagian tiket kereta, bis atau pesawat? Yang ada cuma sepeda motor. Punya Rencana Mudik Pake Sepeda Motor? Simak Tipsnya Berikut Ini!

Ingin mudik menggunakan sepeda motor karena nggak kebagian tiket kereta api, bis maupun pesawat? dan pilihan hanya ada sepeda motor untuk pergi mudik, maka kalian harus extra hati-hati.

Berikut tips perjalanan mudik dengan menggunakan sepeda motor agar selalu aman dan nyaman selama perjalanan.

1. Sebelum Berangkat

Berdoa: ritual ini wajib kalian lakukan sebelum melakukan apapun bentuk aktivitas kalian. Karena hanya pada Tuhan lah kita semua meminta perlindunganNya.

Punya Agenda Touring? Intip 5 Tip Selamat Pas Touring Motor ini!

Siapkan Fisik: Selain kendaaran yang harus kalian cek keadaannya, fisik sang pengendara juga sama penting untuk dipersiapkan. Paling tidak, kalian istirahat cukup lama sebelum waktu keberangkatan.

Lengkapi Surat-surat kendaaraan dan SIM: Pastikan Surat-surat kendaraan (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM) masa berlakunya masih lama. Bila masa berlakunya habis akan membuat konsentrasi pengendara terpecah.

Service Motor: Bawalah motor kalian ke bengkel yang terpercaya sebab tidak sedikit bengkel “nakal” yang memanfaatkan momen mudik ini untuk memperoleh keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Cari Informasi: Untuk pemula atau pertama kali mudik, alangkah baiknya banyak bertanya kepada teman-teman mengenai suasana dan keadaan  yang akan dilalui nanti. Tanyakan kapan harus istirahat dan di mana istirahat yang baik. Atau situasi perjalanan di mana saja yang harus diperhatikan dan diwaspadai.

Biar Mantap, Gebet 4 Tip Nyaman Naik Motor Pas Hujan

2. Saat Di Perjalanan

Jaket: Pastikan kalian memakai baju dan jaket yang nyaman. Jangan kenakan jaket yang sempit atau terlalu longgar.

Taat Lalu Lintas: Sebagaimana mestinya seorang pengguna jalan, kalian wajib mematuhi segala peraturan lalu lintas selama di perjalanan.

Kemas Barang Bawaan Dengan Baik: Jangan membawa barang berlebihan, dan meletakkan barang dekat dengan stang stir, karena akan mempengaruhi manuver kendaraan.

Isi Penuh Bensin Motor: Isi bensin kembali di SPBU terdekat saat penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kita tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan.

Bawa Enjoy: Tanamkan dalam pikiran kalian “Enjoy dan Santai….” dalam perjalanan kalian, dengan demikian kalian akan sangat menikmati mudik lebaran ini.

5 Tip Singkat Ini Jamin Rasa Aman Pas Sedang Bermotor!

3. Saat Beristirahat

Jangan Paksakan Diri: Bila dirasa keadaan sudah mulai lelah, beristirahatlah sejenak guna melemaskan kembali otot-otot yang tegang atau menghilangkan rasa kantuk.

Cari Tempat Istirahat Yang Ramai: Istirahatlah di tempat yang teduh, lumayan ramai dan aman. Gunakan waktu istirahat semaksimal mungkin sehingga kemampuan tubuh kembali fit .

Sebisa Mungkin Beristirahat Berkali-kali: Bila perlu, istirahatlah beberapa kali sehingga kemampuan badan tetap oke.

Dan yang terpenting, Ingat keluarga kalian sudah menunggu di rumah untuk berlebaran bersama kalian.

Selamat berlebaran yah….

 

 

(Visited 189 times, 1 visits today)