Sering Miskom? 5 Cara Ini Ampuh Tingkatkan Teamwork di Tempat Kerja!

0
3
teamwork

Nggak bisa dipungkiri, teamwork jadi peran penting untuk kebaikan kita bekerja. Sering Miskom? 5 Cara Ini Ampuh Tingkatkan Teamwork di Tempat Kerja!

Kenapa teamwork sangat dibutuhkan di lingkungan kerja? Karena meski Anda memiliki tanggung jawab sendiri, Anda merupakan bagian dari organisasi. Perusahaan hanya bisa berkembang jika orang-orang di dalamnya memiliki keinginan untuk membesarkan perusahaan dan menyisihkan kepentingan pribadi.

Teamwork bukan sekadar bekerja sama dengan tim, tapi bagaimana tim bisa bekerja sama dengan baik demi kepentingan bersama, bukan pribadi. So, bekerja sama dengan tim dengan baik, pasti akan menghasilkan kinerja yang baik pula untuk kita semua. Setuju?

Lalu bagaimana cara merajut teamwork yang baik? Berikut ulasannya:

1. Tujuan

Yang harus dilakukan pertaman adalah menciptakan tujuan tim yang jelas. Tentukan tujuan dan harapan dalam tim secara spesifik. Untuk itu Anda harus melakukan rapat rutin dan mengatur pola komunikasi yang terbuka.

Liburan Udah Habis. Yuk Kembalikan Semangat Kerja Anda!

2. Bangun Kepercayaan

Cara membangun kepercayaan dalam tim adalah dengan membuat mereka berani bicara untuk mengutarakan opini. Jangan langsung mematahkan pendapat seseorang, karena itu akan membuat mereka menahan diri untuk bicara. Ciptakan juga komunikasi timbal balik, sehingga anggota tim bisa saling memberi kritik tanpa terkesan menjatuhkan.

3. Komitmen

Setiap anggota tim perlu memiliki komitmen yang sama, untuk mencapai misi pekerjaan. Sejauh mana Anda memandang kontribusi Anda terhadap perusahaan dan juga demi kemajuan diri sendiri? Pertanyaan ini juga perlu selalu diajukan ke setiap anggota tim lainnya.

4. Komunikasi yang Baik

Tim Anda tidak akan bisa bekerja optimal jika tidak ada komunikasi yang baik. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa hubungan Anda dengan rekan-rekan didasari oleh komunikasi yang tulus dan jujur. Begitu juga dengan atasan dan perusahaan. Pastikan hasil kerja tim selalu mendapatkan umpan balik dari atasan dan perusahaan. Karena, jika tidak ada saran atau kritik, bagaimana Anda tahu bahwa semua sudah berjalan sesuai jalurnya?

Punya Rekan Kerja Bermuka Dua? Begini Cara Menghadapinya!

5. Konsekuensi

Selalu pikirkan konsekuensi dari setiap tindakan terhadap diri sendiri, tim, dan juga perusahaan. Apakah keputusan yang Anda alami dapat berpengaruh pada teman-teman lainnya? Bagaimana jika tim Anda tidak berhasil memenuhi target yang diberikan? Selalu pikirkan hal ini dan bicarakan dengan rekan tim Anda.

Talent wins games, but teamwork and intelligence wins championships. – Michael Jordan –

 

Nah POPle, gampang kan membangun teamwork yang baik di tempat kerja? 

 

Main Photo: empoweringfutures.org

Inside Photo: Online Academic Community – University of Victoria

(Visited 110 times, 1 visits today)