Terungkap, Alasan Penis Tiba-Tiba Menyusut Saat Kedinginan

0
8

Sebagai pria, kita tentu pernah mengalami yang namanya penyusutan penis. Biasanya, hal tersebut terjadi saat kita berada di lingkungan yang kondisinya dingin atau pas berenang. Lantas, yang jadi pertanyaan, kenapa fenomena itu bisa terjadi?

Penis pria terdiri dari beberapa jenis. Tak percaya? Baca ini:

Ternyata, Penis Pria Itu Ada 7 Jenis!

Menurut Harvard Health Publications, membesar dan mengecilnya penis merupakan hal yang biasa. Kata periset, suhu dingin, baik itu dari udara atau air, bisa mempengaruhi sirkulasi darah dalam penis yang pada akhirnya menyebabkan vasoconstriction alias penyempitan pembulu darah.

Vasoconstriction sendiri, lanjut peneliti, akan mengakibatkan penis kekurangan suplai darah, sehingga akhirnya jadi mengecil. Perlu diketahui, dalam kondisi tersebut, darah bakal menyebar ke wilayah tubuh lain yang sejatinya lebih membutuhkan, agar tubuh tetap dalam kondisi prima.

“Pada dasarnya, penyusutan penis merupakan mekanisme perlindungan tubuh ketika menghadapi tekanan. Setiap manusia memiliki saraf sympathetic yang akan merespon ketika tubuh mencoba untuk melindungi diri” ungkap urolog Dr. Aaron Spitz.

Ia juga menambahkan, dingin merupakan sebuah tekanan yang dialami tubuh. “Ketika tubuh kedingingan, saraf sympathetic akan bekerja dengan mengambil darah dari ujung jari dan penis” jelasnya.

Lalu, apakah penyusutan penis berbahaya?

Dikatakan Aaron, tidak! Kondisi tersebut normal tejadi dan sifatnya hanya sementara. Ketika tubuh mulai stabil, darah akan kembali ke tempat semula. “Jadi, tak ada yang perlu ditakuti” pungkasnya seperti dilansir Medical Daily.

(Visited 2,366 times, 1 visits today)