Wah! 7 Cara Ini Salah Atasi Mabuk

0
4
atasi mabuk

Apakah Jumat malam telah berdampak buruk untuk Sabtu pagi Anda? Merasakan sakit kepala, perut mual dan bolak-balik toilet. Jika Anda merasa mabuk ini sudah memuakan melebih tugas kantor, berarti alkohol yang masuk ke dalam tubuh sudah berlebihan! Jangan sampai salah atasi mabuk nya juga ya!

Anda harus belajar untuk mengontrol mabuk, tentu semua dapat Anda lakukan setelah Anda sadar. Namun sayangnya mengatasai mabuk terkadang menemui jalan yang salah, ini bagaikan meminum sepuluh cangkir kopi hitam atau berlebihan memakan kentang goreng, dimana Anda yakini itu bisa meredakan sakit di kepala.

Nah, untuk menghindari percobaan yang error, tujuh cara di bawah ini jelas harus Anda hindari.

Baca ini: 18 Fakta Mengejutkan Seputar Alkohol

#1 Perbanyak konsumsi alkohol

Idenya: Pagi hari ditambah Blody Mary (sejenis koktail popular yang mengandung Vodka, jus tomat, dan bahan lainnya) dapat mengurangi rasa sakit.

Kebenarannya: “Meminum kembali (alkohol) hanya akan mematikan sementara rasa sakit Anda,” kata Gary Murray, direktur National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism’s (NIAAA) divisi Metabolisme dan Efek Kesehatan. Jelas alkohol hanya memperburuk rasa sakit kepala Anda.

 

#2 Sarapan makanan berminyak

Idenya: Sosis goreng, telur goreng dan kentang goreng akan membantu menyerap alkohol yang tersisa.

Kebenarannya: Efek alkohol tentu akan berkurang ketika Anda bangun, justru memakan makanan berminyak hanya akan membuat Anda mulas. Namun, memang lebi baik sarapan dari pada tidak sama sekali. Murray menambahkan, “Dengan menenggak alkohol, saluran pencernaan sudah pasti terganggu.” Jadi, sarapan dengan memakan makanan yang sehat akan baik, karena tubuh Anda dapat energi untuk memerangi rasa sakit. Cobalah jus atau telur rebus, saran Murray.

 

#3 Kopi

Idenya: Sarapan membuat Anda mual, baik mabuk atau pun tidak. Dan kopi merupakan ramuan ajaib untuk memperbaiki energi.

Kebenarannya: “Mabuk menyebabkan gangguan kognitif yang mengganggu kemampuan Anda dalam melakukan sesuatu,” jelas Murray. Efek kopi itu bisa meningkatkan kewaspadaan dan diuretik (naiknya laju urinasi) serta mabuk pasti membuat Anda dehidrasi. Maka dari itu beberapa gelas air lebih bagus sebelum menyentuh secangkir kopi.

 

#4 Makan sebelum tidur

Idenya: Makanan sebelum tidur akan menyerap alkohol dan mengurangi rasa sakit esokan harinya.

Kebenarannya: “Makan setelah Anda mabuk tidak akan membantu menyerap atau memetabolisme alkohol,” kata Murray. Yang Ada malah makanan tersebut akan memperlambat tingkat dimana tubuh menyerap alkohol dan memperlambat melepaskannya ke dalam aliran darah.

 

#5 Tidur sepanjang hari Untuk Atasi Mabuk?

Idenya: Jika Anda terlalu mual dan sensitif untuk menghadapi siang hari. Bersembunyi di kamar akan mengurangi gejala sementara waktu untuk menetralkan racun pada tubuh.

Kebenaran: Murray menjelaskan, “Kelelahan, sakit kepala, cepat marah. Ini semua gejala mabuk, tetapi juga termasuk gejala dari kurang tidur” Alih-alih ingin stirahat, mencoba untuk mendapat 2 jam tidur tambahan, sehingga Anda dapat mengontrol sisa istirahat malam lalu. Kemudian bangun dan bergerak dan Anda akan merasa sangat baik, katanya.

 

#6 Beraktivitas

Idenya: Sebuah lari pagi akan membantu Anda berkeringat sehingga mengeluarkan sisa alkohol.

Kebenaran: Keringat Anda tidak dapat mengeluarkan alkohol, karena pelakunya sebenarnya sudah keluar dari sistem anda. Tetapi secara alami olah raga dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda dan mungkin bisa meningkatkan kemampuan Anda untuk menyingkirkan racun

 

#7. Tylenol

Idenya: Obat penghilang rasa sakit sebelum tidur dapat membantu mengurangi sakit kepala.

Kebenarannya: Lama-kelamaan alkohol bisa berubah menjadi enzim di dalam tubuh bahkan setelah berhari-hari,” jelas Murray. Enzim dapat berbahaya jika berinteraksi dengan parasetamol, jadi cobalah aspirin yang lebih ramah untuk atasi mabuk.

Akibat Terlalu Mabuk, Pria Ini Tidak Sadar Telah Tidur Di Pispot!

 

Sudah tahukan alasannya, jadi jangan dicoba. Lebih baik lagi jangan sampai mabuk!

(Visited 502 times, 1 visits today)