Wah, Penduduk Kota Ini Mendadak Keranjingan Toilet Umum! Kok Bisa?

0
2

Sebuah fenomena unik merebak di Kota Chongqing, Cina, beberapa waktu belakangan ini. Warga di sana tiba-tiba saja keranjingan pakai toilet umum di wilayah Distrik Nanan. Kok bisa?

Ternyata, pemicunya adalah fasilitas wifi gratis yang disediakan pemerintah setempat. Saban hari, puluhan orang rela antre untuk bisa masuk ke toilet tersebut. Dan tentu saja, mereka justru betah berlama-lama berada di dalamnya.

Dilansir Shanghaiist, kecepatan internet di toilet tersebut bisa mencapai 50 Mbps. Kecepatan itu jauh di atas rata-rata koneksi rumah-rumah di wilayah Cina. Kabarnya, pengguna toilet bisa mengunduh film hanya dalam hitungan belasan menit. Film apa dulu nih?

 

 

Toilet di Nanan kini jadi percontohan dari konsep ‘WC Bintang Lima’. Rencananya, pemerintah kota Chongqing bakal bikin WC umum serupa di 24 tempat lainnya. 

Lalu apalagi yang bisa dilakukan di toilet? Baca Ini 5 Hal Yang Biasa Dilakukan Pria Saat di Toilet

Selain internet super-cepat, toilet di Nanan juga dilengkapi soket untuk mengisi batere, kulkas, microwave, serta dispenser air. Pemerintah kota mengklaim mereka ga sekadar menghambur-hamburkan uang untuk membangun toilet mewah tersebut.

“Anggaran kebersihan bisa lebih murah di tahun-tahun mendatang. Perlu diketahui, toilet ini dilengkapi dengan panel surya. Menurut hitungan kami, pemerintah bisa menghemat anggaran hingga 2.460 yuan setiap tahunnya,” ujar juru bicara pemkot Chongqing.

Asal tahu saja, tingkat sanitasi di Cina bisa dibilang kurang baik. Banyak warga di sana yang memilih buang air sembarangan ketimbang di toilet umum yang jorok. Duh!

(Visited 328 times, 1 visits today)