5 Poin Gagah dengan Selvedge Denim

0
224

Jika biasanya beli celana jeans alias denim terbilang simpel: tahu ukuran pinggang, panjang kaki dan apakah match dengan sepatu boot atau tidak, sepertinya ‘ritual’ tersebut akan ditambah dengan ‘Apakah beli denim selvedge (anyaman) atau denim raw (denim kasar atau baku).

Lalu kenapa harus repot-repot pilih jenis denim yang mana? Denim anyaman punya kualitas yang lebih tinggi, tahan lama dan sekarang dijual brand mana saja seperti Gap. Ya, dulunya denim anyaman memang dijual secara eksklusif mengingat polanya yang khusus sehingga harganya lebih mahal dibanding denim baku.

Tambah lagi,”Denim anyaman lebih bagus dipakai dengan pakaian apa saja,” tambah Victor Lytvinenko, pemilik Raleigh Denim. “Memang lebih mahal, tapi harga tak bisa bohong.”

Berikut beberapa poin lain tentang denim selvedge atau denim anyaman.

 

#1  Jeli perbedaan anyaman dan baku

Sepertinya sama tapi dua denim ini terlihat berbeda sama sekali. Denim anyaman dibuat dengan alat tenun dan itu bisa dilihat seberapa kuatnya jahitan sehingga tak mudah robek. Sedangkan denim raw atau denim baku murni bikinan pabrik yang di-set agar tak usah sering dicuci dan dibuat lebih lembut serta diformat agar terlihat ‘berumur’.

 

#2  Kenali berat Anda

Berat celana denim anyaman memang tak berpengaruh pada harga tapi memengaruhi kenyamanan. “Denim super ringan lebih nyaman dipakai selama musim panas,” jelas managing editor Rawr, David Shuck. “Tapi yang berat lebih tahan lama dan memberikan efek yang kontras saat dipakai dalam artian terlihat lebih mantap.” Untuk itu, beli saja denim mid-weight yang biasanya tak terlalu berat.

 

Selain denim, jelas ada item style lain yang selalu oke dipakai sampai kapanpun. Coba buka 6 Item Ini Tak Pernah Ketinggalan Zaman!

 

#3  Jarang dicuci

Pastikan denim dipakai terus-menerus, sebelum akhirnya dicuci. Saat dicuci, denim pabrik pasti kehilangan warnanya sehingga tampilan kontrasnya hilang sedikit. Tak demikian halnya dengan denim anyaman. Pastinya saat mencuci denim anyaman, taruh bagian dalam di luar dan cuci dengan air dingin dengan deterjen yang lembut. Jangan keringkan dengan mesin: itu bisa menyusutkan kain dan menghilangkan warna.

 

 

 

#4  Jangan takut digulung

Gulung saja denim anyaman apalagi jika udara panas atau dingin. Itu membuat kaki jadi nyaman dengan masuknya udara. Dengan menggulung, bagian khas anyaman pada jahitan dalamnya terlihat. Tekstur anyaman pada jahitan tersebut bisa membuat tampilan Anda kontras sehingga jadi gagah. Gulunglah hingga mata kaki, jangan lebih!

 

#5  Pilih yang nyaman, bukan yang keren

Kebanyakan dari kita sering membeli pakaian keren tapi belum tentu nyaman pas dipakai. Keren pas dipakai manekin, tapi begitu kita pakai jatuhnya jadi beda. Jangan tertipu! Sama halnya dengan pas membeli denim anyaman: pastikan beli yang ukurannya lebih kecil sedikit mengingat denim mudah melar pada bagian pinggang. Pastinya yang pas di pinggang. Caranya? Apakah jari Anda cukup pas menggaruk kulit di bagian pinggang?

Siap kongkow weekend ini dengan denim selvedge (demi tampil beda dari pria lain di hadapan si cantik)?

(Visited 12,134 times, 1 visits today)