Ini Fakta 10 Batu Akik Paling Diincar!

0
13

Cincin memang termasuk aksesoris uniseks. Tak hanya bisa dipakai wanita saja, tapi bisa dipakai pria juga. Lucunya, jika dulu yang doyan memakai cincin adalah para orangtua yang sudah berumur, sekarang wabah memakai cincin sudah melanda mereka yang masih berusia muda. Belakangan, nyaris semua anak muda memakai cincin berbatu akik!

Cincin sendiri terbuat dari perak logam mulia seperti perak atau bisa juga campuran dari tembaga, kuningan, perunggu, dan lain-lain. Tak jarang agar lebih mantap, cincin-cincin tersebut juga disemat ukiran atau hiasan dengan berlian dan permata.

Berikut 10 jenis cincin batu yang paling oke dan top.

 

#1  Opal

Disebut juga batu kalimaya adalah jenis batuan mulia yang dicari kolektor. Mereka yang baru mengenal batu mulia pastinya akan tertarik dengan aneka warna yang keluar dari batu ini. Batu ini berasal dari Banten dan kualitas yang terbaik bisa mencapai harga puluhan juta. Serunya, batu ini dipercaya punya efek khasiat meningkatkan kepercayaan diri pemakainya.

 

#2  Zamrud

Jenis batu permata ini berwarna hijau bening dan ada juga yang hijau tua. Eksistensinya diakui sebagai permata terindah dengan harga mahal sejak ribuan tahun lalu. Fisiknya berupa kepadatan hingga 7,5 skala mohs. Zamrud melambangkan kemakmuran dan kedamaian.

 

#3  Giok

Giok sudah dikenal sejak lama dan tak pernah luntur hingga detik ini. Tren pakai cincin batu membuat harga batu ini jadi makin mahal. Batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di Cina ini dipercaya membawa keberuntungan, kedamaian dan ketentraman. Jadi tak heran jika batu ini kerap jadi kalung, liontin dan mata cincin.

 

#4  Kecubung

Ciri khas batu ini adalah berwarna ungu. Batu yang punya nama lain Amethyst ini dipercaya bisa membawa keberuntungan untuk mereka yang memakai dan memilikinya. Batu ini dianggap sebagai batu Februari dalam hitungan zodiak. Nama aslinya, Amethyst, adalah kata Yunani yang berarti obat untuk mencegah mabuk. Oh ya, kecubung dipercaya bisa membangkitkan aura baik untuk kecantikan dan kewibawaan.

#5  Topaz

Lebih banyak ditemukan di negeri latin seperti Meksiko dan Brasil, dan juga Sri Lanka dan Rusia. Lumrah karena negara-negara tersebut adalah penghasil batu ini. Warna khasnya kuning, jingga kemerahan dan biru. Konon bisa memaksimalkan daya kerja otak dan membawa kedamaian.

 

#6  Batu Sungai Dareh

Batu ini berasal dari Sumatera Selatan dan baru meroket setelah (katanya) Barack Obama dan eks presiden, SBY, memakainya. Katanya … Batu jenis ini juga disebut dengan batu lumuik, batu lumut, giok kandi dan giok Sumatera. Katanya juga, batu ini bisa menjaga keseimbangan emosional, membuat stamina jadi kuat, menetralisir racun. Katanya lho …

 

#7  Lavender

Konon batu ini termasuk dalam kategori batu terbaik. Tak heran jika banyak yang mengincar batu berasal dari Simpang dan Segara Kembang, Sumatera Selatan, ini. Ciri khas batu ini memang ada pada warna ungunya. Konon, batu ini bisa membuat mereka yang memakainya punya aura positif dan itu membuat sirkulasi darah dalam tubuh jadi lancar.

 

#8  Ruby

Disebut juga batu delima dan termasuk jadi salah satu batu permata yang disukai di negeri ini. Batu ini menandakan kekuatan dan keberanian. Tak heran jika mereka yang duduk di pemerintahan dan area militer kerap memakainya. Konon, batu ini bisa menyuburkan orang yang memakainya (mencegah impotensi), dan bisa bikin kebal segala penyakit.

 

#9  Safir

Batu yang satu ini tak sembarang dimiliki orang banyak karena harganya yang sangat mahal. Unsur mineral di dalamnya yang bikin batu ini begitu sangat berharga. Warnanya biru, jingga, kuning, hijau, ungu dan ada juga yang merah muda. Konon batu ini bisa menenangkan pikiran dan mengembangkan daya pikir pemakainya dengan positif.

 

#10  Bacan

Batu ini adalah batu mulia orisinil dari daerah Maluku Utara, ya, berasal dari Pulau Bacan. Yang paling banyak dicari adalah yang berjenis bacan doko dan bacan palamea. Warnanya yang membedakan: doko berwarna hijau gelap, sedangkan palamea berwarna hijau kebiruan. Harganya sendiri berkisar dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah!

 

Tentu saja tak semua tren bisa cocok dengan kepribadian dan tampilan masing-masing pria. Jangan sampai Anda kelihatan seperti toko perhiasan berjalan dan mengalahkan bling-bling si cantik di sebelah Anda!

(Visited 543 times, 1 visits today)