Tips Memilih Running Shoes yang Sesuai dengan Kebutuhan Olahragamu

0
4

Memilih sepatu lari bukanlah hal yang mudah. Sepatu lari nggak hanya soal model atau ukuran yang pas, melainkan juga kenyamanan dan daya tahan sepatu tersebut. pernahkah kamu berpikir bahwa sepatu yang kamu coba dan yakin cocok ketika di storenya ternyata bukanlah sepatu lari yang kamu butuhkan? Kamu mungkin akan menemukan situasi di mana sepatu lari yang kamu sukai tidak memliki fungsi yang sesuai. Bahkan, sepatu lari “pilihan” itu bisa saja menyebabkan cidera. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, coba perhatikan dulu tips memilih running shoes berikut ini!

1. Fungsi Apa yang Kamu Butuhkan?

Cuman kamu yang paling tau fungsi olahraga apa yang kamu butuhkan. Kalau kamu memang lagi rajin-rajinnya nge-gym atau kegiatan olahraga di dalam ruangan lainnya, berarti kamu adalah si Cross-Trainer. Apabila kamu biasa suka berlari dan melakukan kegiatan olahraga lainnya di luar ruangan, yang mana akan melibatkan jalanan yang lebih berliku-liku dan sedikit kasar karena aspal, berarti kamu adalah si Road-Runner.

Kemudian, kalau kamu suka hal-hal ekstrim, yakni melakukan olahraga di arena berbatu atau beralas sangat kasar, itu artinya kamu termasuk ke dalam Trail-Runner. Setelah itu barulah kamu melihat fungsi yang lebih spesifik, yang mana berpaku kepada hal terpenting dari sepasang sepatu lari, yap, sol sepatunya. Bagaimana caramu berlari? Perhatikan betul-betul bagaimana penekanan tumitmu dalam berlari.

Yakin Sudah Benar? Coba Perhatikan Dulu Kesalahan Olahraga Ini!

2. Kenali Kategori Sepatu Sesuai dengan Fungsinya

Berbekal dengan fungsi yang telah kamu tentukan, kamu bisa bertanya kepada penjaga counter sepatu. Nah, kalau untuk melihat dari segi solnya, kamu harus tau bahwa terdapat tiga pola sol yang bisa memberikan dukungan dalam kegiatan olahragamu.

Sol yang pertama yaitu sol dengan penekanan dan gerakan kaki yang netral (Neutral Pronation). Sol yang kedua (Overpronation) merupakan pola sol yang dibutuhkan beberapa pelari yang memiliki penekanan dan gerakan kaki natural ke arah dalam. Ingat, kamu harus jeli melihat pola solnya, karena sol ini dapat sangat berguna baik bagi ketahanan sepatu maupun kesehatan kakimu sendiri. Sedangkan yang terakhir yaitu Supination. Memang jarang sekali pelari yang memilliki fungsi olahraga yang membutuhkan sol sepatu jenis ini, tidak banyak juga model sepatu yang menjualnya. Namun, hati-hati mengalami cidera, mau tidak mau kamu harus mencari pola sol yang stau ini.

Cewek Berotot Nggak Selalu Menyeramkan, Berikut adalah Selebriti Berotot Dambaan Pria!

Butuh info lainnya? Langsung aja dapetin Video petunjuknya dari aplikasi POPULARNow yang bisa langsung diunduh di Google Playstore dan iOS Store

(Visited 80 times, 1 visits today)