Suka Pusing dan Mual Saat Membaca di dalam Mobil? Ini Penyebabnya!

0
1
pusing dan mual

Memang paling enak saat terjebak macet, membaca novel atau sekedar main handphone di mobil. Suka Pusing dan Mual Saat Membaca di dalam Mobil? Ini Penyebabnya!

Kebiasaan membaca buku, melihat handphone, atau membuka laptop didalam mobil dengan perjalanan macet tiba-tiba kepala merasa pusing. Pernah mengalaimi kejadian seperti itu?

Perjalanan menggunakan mobil, pesawat atau kapal dapat mengakibatkan mabuk dengan gejala pusing dan mual, keadaan sepert ini dikarenakan adanya ketidakseimbangan antara situasi yang diharapkan otak dan informasi yang diterimanya melalui indera. Ini juga diakibatkan karna medan jalanan yang tidak stabil, lain halnya pada saat kita duduk.

Sering Ngantuk Saat Mengemudi? Coba deh Pakai Tips Ini!

Untuk mengembalikan keseimbangan, otak mensintesis data dari berbagai sumber, termasuk penglihatan, sentuhan, dan telinga bagian dalamn dikarenakan otak mendeteksi angular motion (gerakan kaku) dan juga gerakan linear. Keadaan ini semua input di terima ketika input tidak sesuai dengan situasi yang diharapkan otak, saat itulah terjadi mual ingin muntah.

Penelitian Ilmu Saraf

Penelitian ini diungkapkan oleh guru besar ilmu saraf Timothy C. Hain di Northwestern University Medical School dan Charles M. Oman, direktur Man Vehicle Laboratory di M.I.T Center. Situasi dimana saat kita duduk di mobil pada bagian jok belakang maupun depan sambil membaca, mata kita terfokus pada buku atau handphone kemudian, ini diinformasikan ke otak.

Akan tetapi sewaktu kecepatan mobil berubah atau memutar, sensor dalam telinga kita menangkap ada sesuatu yang berubah dan diinformasikan ke otak. Sayangnya otak membantah kenyataan itu karena ia menerima sinyal dari mata.

Tips Mudah Redam Emosi Dan Amarah Saat Mengemudi!

Salah satu cara mengurangi pusing dan mual didalam mobil dengan melihat keluar jendela dan lihat benda hijau seperti rumput, ini akan menetralkan penglihatan mata kita. Tak heran jika pengemudi jarang mabuk, karena tidak hanya memiliki sensor informasi yang pas dan yang mengontrol mobil. Jadi sensor yang dimiliki sopir siap dengan berbagai bentuk gerakan.

(Visited 20 times, 1 visits today)