Tak Perlu Panik! Ini 6 Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat Terbang…

0
2
Naik Pesawat

Walau seringkali disebut paling aman, perjalanan udara juga berrisiko cukup tinggi. Tak Perlu Panik! Ini 6 Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat Terbang…

Walau seringkali disebut paling aman, perjalanan udara juga berrisiko cukup tinggi. Karenanya, sangat wajar bila tak sedikit orang, mungkin termasuk Anda, memiliki ketakutan untuk naik pesawat terbang.

Walau takut, ada situasi Anda harus tetap terbang. Jangan keringat dingin dulu. Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkanuntuk menghalau rasa takut.

Mulai dari pemilihan tempat duduk, sampai membawa beberapa barang sebagai distraksi, semua bisa jadi upaya yang dilakukan ketika naik pesawat terbang. Langsung simak ulasan lengkapnya seperti dikutip dari travelandleisure.com.

Mengetahui prosedur keamanan penerbangan

Edukasi diri Anda dengan mengetahui berbagai prosedur keamanan penerbangan mungkin jadi bekal utama yang bisa mendatangkan sedikit ketenangan. Menegakkan sandaran tempat duduk dan menaikkan penutup jendela adalah dua di antaranya.

Juga, jangan ragu menegur penumpang yang melanggar prosedur ini ketimbang Anda terus merasa gelisah melihatnya. Mana tahu kecerobohan satu orang akan menyusahkan yang lain di keadaan darurat.

Pilih duduk di bagian depan

“Jika Ada pernah duduk di bagian belakang bis dan merasakan guncangan yang lebih keras, kenyataan ini juga berlaku untuk pesawat terbang, ” tutur Kevin Kelly, seorang pilot senior salah satu maskapai penerbangan Amerika Serikat.

Juga, pilihlah tempat duduk yang nyaman bagi Anda. Apakah itu window seat, middle seat, atau aisle seat. Early check in atau membeli kursi di beberapa maskapai membuat Anda bisa memilih mau duduk di mana ketika di pesawat terbang.

5 Fakta dari Turbulensi Pesawat yang Perlu Diketahui…

Bawa barang untuk alihkan perhatian

Sudah nyaman di kursi, cara lain yang bisa dilakukan supaya Anda tak takut selama berada di pesawat terbang adalah dengan membawa barang-barang untuk mengalihkan perhatian, terutama saat turbulensi.

Membawa notes untuk corat-coret atau buku fisik bisa jadi cara efektif untuk mengalihkan perhatian. Kalau bisa, jangan mengalihkan perhatian dengan barang elektronik karena beberapa di antaranya, termasuk earphone wireless, bisa memengaruhi sinyal komunikasi atau tidak.

Ambil pelajaran simulasi penerbangan

Meletakkan Anda di simulator penerbangan dengan harapan seolah mengendalikannya sedikit-banyak membantu menghindari rasa takut berlebihan ketika naik pesawat terbang. Perasaan ini ‘dibeli’ semata dengan terbiasa berada di format ruangan seperti di dalam sang burung besi.

Upgrade Kelas

Saran ini kiranya bisa dipertimbangkan jika Anda hendak melakoni penerbangan panjang. Dengan distraksi yang kemudian malah membuat Anda bosan, istirahat dan menikmati ragam fasilitas bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi ketakutan selama di pesawat terbang.

Ambil business class, bahkan kalau perlu first class, agar merasa nyaman selama penerbangan. Fasilitas yang ditawarkan, mulai dari makanan, hiburan, bahkan bisa mandi di pesawat terbang, membuat Anda bisa lupa akan rasa takut tersebut.

Bertemu psikiater

Jika memang benar-benar perlu, Anda bisa menjadwalkan untuk bertemu dengan psikiater agar mendapat treatment yang diperlukan agar tak lagi takut naik pesawat terbang. “Jika Anda mengubah pikiran Anda, maka Anda juga bisa mengubah respons dan kebiasaan Anda,” tutur Lisa Jackson, editor Eat Drink Travel, yang juga pernah takut melakoni perjalanan udara.

(Visited 464 times, 1 visits today)