Tangkal Hoax, BaBe Luncurkan ‘Ungkap Fakta’ Melawan Berita Bohong

0
5
berita bohong

Platform berita dan hiburan terkemuka di Indonesia mengumumkan kerjasama dengan otoritas pengecekan fakta dalam rangka melawan penyebaran berita bohong.

Peluncuran ‘BaBe Ungkap Fakta’ diadakan kemarin (28/2) tepatnya di Pullman Hotel, Thamrin. BaBe (Baca Berita) adalah aplikasi berita dan hiburan yang menawarkan lebih dari 1 juta artikel dan video di 30 kategori setiap bulannya dengan jumlah pengguna aktif yang mencapai 10 juta di seluruh wilayah IndonesiaIni menjadikan BaBe sebagai platform berita dan hiburan pertama di Indonesia yang melakukan kerjasama dengan otoritas pengecekan fakta yaitu Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), dan media massa seperti Tempo dan Viva.

Platform agrigator BaBe sedang menjalankan campaign ‘Ungkap Fakta’ untuk membasmi hoax di Indonesia, ini sebagai bukti BaBe mendukung pemerintah. Data kominfo menyebutkan ada 800 ribu situs yang sudah terdeteksi hoax, dengan ini maka BaBe dapat menjadi langkah awal untuk ke depannya agar media lain dapat bekerjasama dengan kanal ‘BaBe Ungkap Fakta’.

Mafindo juga berusaha membekali tim dengan mengadakan serangkaian pelatihan kepada tim konten moderasi BaBe dengan alat dan metodologi yang biasa digunakan. Ini dilakukan demi mendapatkan pelatihan-pelatihan yang mumpuni agar tim tetap bisa menjaga standar yang tinggi serta capable sebelum menayangkan konten yang bersifat positif, dan dapat mengidentifikasi atau mengurangi ancaman dari sumber yang tidak diverifikasi.

berita bohong

Cara kerja mesin pun tetap memerlukan dukungan manusia agar bisa sesuai dengan budaya lokal dan norma-norma yang berlaku sehingga layak ditayangkan. Komitmen BaBe untuk bekerjasama dengan Mafindo, Viva, dan Tempo yang merupakan pakar, akan menentukan dan menjaga supaya bisa menjadi ‘benteng’ untuk memberantas berita yang negatif.

BaBe juga berusaha semaksimal mungkin untuk proaktif, dan memperbanyak dalam menggandeng publisher serta media-media yang sudah kredibel di bidangnya untuk melakukan verifikasi terhadap konten-konten yang sudah beredar di khalayak ramai. Ini berguna untuk semua rubrik artikel dan konten video pada aplikasi BaBe.

5 Fakta Seputar Asmara Ini Ternyata Dapat Dijelaskan Secara Ilmiah Lho!

Kanal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pemeriksaan fakta mengingat semakin tingginya ancaman berita palsu. BaBe juga bekerjasama dengan sekitar 1.500 penerbit di seluruh Indonesia untuk mencari berita dan informasi terbaru.

BaBe memiliki dua pendekatan yang dilakukan yaitu mesin yang bisa mendeteksi artikel atau konten mencurigakan bahwa itu berita bohong, dan juga ada tim yang beranggotakan manusia untuk mereview konten sehingga BaBe mengombinasikan kedua hal tersebut selama 24 jam.

Pria dan Wanita Ternyata Mempunyai Perbedaan Saat Belanja Online Lho..

Misi dari BaBe adalah ingin memberikan informasi positif yang sudah terbukti keabsahannya, serta menawarkan cara yang mudah, dan menarik untuk tetap mendapatkan informasi. BaBe selalu berusaha meminimalisir adanya konten yang sifatnya mencurigakan, itulah kenapa perlu untuk memeriksa publisher yang akan bergabung di BaBe. Oleh karena itu, BaBe pun menyadari telah menjadi sebuah content platform untuk berita di Indonesia yang telah memiliki pengguna aktif, dengan banyaknya konten pun menjadi tanggung jawab yang besar.

(Visited 91 times, 1 visits today)