Ternyata, Berkhayal Itu Banyak Manfaatnya! Ini Alasannya…

0
2
berkhayal

Pada kenyataannya, sebagian besar dari kita menghabiskan sepertiga hingga setengah waktu untuk berkhayal. Ternyata, Berkhayal Itu Banyak Manfaatnya! Ini Alasannya…

Istilah berkhayal mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Kita sering mengisi waktu luang kita dengan berkhayal, mengenai masa depan ataupun mengingat masa lalu. Bahkan Ir Soekarno pernah membuat quote tentang berkhayal atau bermimpi. “Bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang”, ucapnya.

Namun, apakah baik bagi kita jika sering-sering berkhayal atau bermimpi? Ternyata berkhayal memiliki banyak manfaat diri kita. Dan berikut alasan berkhayal itu banyak manfaatnya:

1. Melatih Otak

Ingatkah Anda ketika guru sekolah mengatakan pada murid untuk memperhatikan pelajaran? Penelitian dari Cornell University, menunjukkan, bahwa untuk meningkatkan kekuatan otak, sangat dilarang untuk mengekang otak dari keinginannya mengembara.

Guys, Ternyata Bermalas-Malasan di Akhir Pekan Ada Manfaatnya Lho!

2. Membantu Meningkatkan Kecerdasan

Jika Anda memiliki bakat untuk melepaskan diri sendiri dalam pikiran yang bebas, jangan pernah cemas lagi. Karena besar kemungkinannya Anda termasuk orang yang lebih cerdas dibanding teman-teman di sekolah. Berkhayal secara signifikan dapat meningkatkan kesadaran dan cara otak memahani sesuatu.

3. Jadi Lebih Kreatif

Wow, dan salah satu alasan berkhayal memiliki banyak manfaat, adalah sisi kreativitas Anda meningkat, lho. Peneliti dari University of California menemukan, bahwa mereka yang meluangkan beberapa waktu untuk berkhayal sebelum menyelesaikan tugas, ternyata mampu menyelesaikannya dengan cara kreatif.

4. Membuat Rileks dan Menjauhkan Stres

Sebenarnya tidak banyak penelitian yang menyarankan berkhayal untuk bersantai. Namun dari teknik menenangkan pikiran yang didapatkan saat seseorang berkhayal yang sama dengan meditasi, ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melepaskan tekanan yang ada di otak. Dan menyenangkan!

5 Cara Ampuh Menjaga Semangat Usai Liburan

5. Meningkatkan Kekuatan Memori Otak

Bagi banyak orang, berkhayal atau melamun mungkin seperti kegiatan yang membosankan. Padahal dari penelitian terbaru, membebaskan pikiran dengan berkhayal tak mampu membunuh daya ingat dari seseorang, lho. Bahkan mereka yang suka berkhayal, jauh lebih mudah mengingat sesuatu.

Nah, dengan banyaknya manfaat dari berkhayal, jangan minder lagi jika ada yang mengolok Anda adalah orang yang suka menyia-nyiakan waktu..

 

(Visited 158 times, 1 visits today)