THR Udah Keluar? Begini Cara Bijak Memanfaatkannya Biar Nggak Boros!

0
1
thr

Dua pekan menjelang lebaran merupakan momen-momen yang ditunggu bagi para karyawan. THR Udah Keluar? Begini Cara Bijak Memanfaatkannya Biar Nggak Boros!

Bagi para karyawan kantor, salah satu momen paling ditunggu menjelang Lebaran adalah pembagian Tunjangan Hari Raya (THR). Paling lambat 5 Juni 2018 atau seminggu sebelum hari raya Idul Fitri, semua karyawan dan pegawai akan menerima tunjangan hari raya.

Itu adalah batas akhir uang tunjangan hari raya disalurkan kepada para karyawan, berdasarkan surat edaran Kementerian Ketenagakerjaan. Anggap saja tunjangan hari raya atau THR ini sebagai gaji ke-13 dan bonus yang diterima oleh karyawan.

Apakah Anda sudah memiliki rencana menggunakan uang THR tahun ini? Berikut ini 5 alokasi uang THR yang perlu kamu sisihkan agar dana THR tidak menguap begitu saja:

1. Sisihkan 10-20 persen Untuk Ditabung

Sama seperti gaji bulanan, Anda tetap perlu menyisihkan uang tunjangan hari raya untuk tabungan. Besarannya cukup 10 persen hingga 20 persen dan dimasukkan ke dalam rekening tabungan.

Siapa Sangka, Berawal dari Hobi Bisa Jadi Menghasilkan Uang. Mau??

2. Jangan Lupakan Zakat Fitrah

Setelah menyisihkan dana tabungan, berikutnya adalah membayar zakat. Bahkan Anda harus memprioritaskan dana untuk membayar zakat, jika mengetahui besaran dana THR pas-pasan. Sebab membayar zakat bersifat yang wajib dibayar oleh seorang muslim, paling lambat sebelum hari raya Idul Fitri.

3. Jamuan Lebaran dan Mudik

Berbelanja jamuan Lebaran termasuk kebutuhan yang perlu ada saat Idul Fitri tiba. Hidangan ini tentu akan menambah suka cita semua anggota keluarga di hari nan fitri tersebut. Sebab itu Anda perlu menyiapkan segala keperluan jamuan itu menjelang Lebaran.

4. Alokasikan Untuk Angpao

Sebaiknya, saat menerima THR, Anda langsung memasukkan ke dalam beberapa amplop terpisah untuk penerima THR. Dengan begitu Anda sudah memiliki alokasi angpao THR yang sudah pasti sehingga Anda tidak menambah dana secara mendadak.

Sering Kehabisan Uang di Akhir Bulan? Coba deh Pakai Siasat Jitu Ini…

5. Lunasi Hutang

Jika Anda masih memiliki utang harus dibayar segera, usahakan mengalokasikan dana THR untuk membayar cicilan utang. Misalnya, membayar tagihan kartu kredit bulan sebelumnya yang belum dibayar lunas.

(Visited 60 times, 1 visits today)