Mudik Naik Motor? Ini 5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan!

0
2
Mudik Naik Motor? Ini 5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan!

Kelelahan, dehidrasi, serta cuaca yang tak menentu adalah sederet hal yang harus diperhatikan saat mudik dengan menggunakan sepeda motor. Nah bila hujan tiba-tiba turun ini yang harus kamu lakukan!

 

Ya, bagi Anda yang suka bepergian naik motor, entah itu ke tempat kerja, tempat usaha atau bahkan ke tempat pacar. Pakaian kering wajib banget. Pasalnya, selain agar tampilan rapi pas sampai ke tempat tujuan, keringnya pakaian juga menghindari diri dari serangan masuk angin. Nah, berikut ini empat tip sederhana untuk nyaman  naik motor pas hujan tiba.

1. Sediakan Sepatu Boot

Tentu Anda tak ingin sepatu rusak, kan? Nah, solusinya untuk melindungi kaki pas hujan salah satunya adalah dengan memakai sepatu boot, sebab  kaki Anda akan aman dari basah. Sebagian besar dari kita menjatuhkan pilihan untuk memakai sandal. Tentu bukanlah pilihan yang buruk, tapi memakai sandal tidak membuat kaki Anda bersih dari kotoran jalanan!

2. Jangan Pakai Ponco

Jas hujan ponco memang murah harganya. Penjual jas hujan model ini pun banyak bertebaran di jalan-jalan, apalagi pas hujan turun. Tapi, kudu perhatikan sebab di akun Twitter @TMCPoldaMetro disarankan untuk tak memakai jas hujan ponco dan pilihlah yang jenis two piece alias setelan.

5 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Pergi Mudik Lebaran

3. Atur Kecepatan Agar Aman

Jalan basah beda dengan jalan kering. Saat tak hujan Anda boleh saja memacu motor jika jalanan tidak macet.

Tapi kalau hujan, kecepatan motor patut diperhatikan. Atur kecepatan senormalnya saja jangan terlalu agresif di jalan sepi atau ingin menyalip, alih-alih menghindari slip saat mengerem motor.

4. Perhatikan Bawaan

Jika bawaan Anda penting, seperti laptop, dokumen berharga, dan lainnya, usahakan untuk menyimpannya di tas yang aman, seperti tas ransel.

Tas ransel anti hujan jadi penting pas musim basah, selain itu tas ransel dapat membawa banyak barang bawaan. Jika motor Anda sudah dilengkapi boks bagasi motor, letakkan barang bawaan di sana agar tidak kehujanan.

Siapa yang Mau Mudik Ke Kota Solo? Jangan Lupa Wisata Kulineran yah…

5. Periksa cahaya seluruh lampu

Di tengah guyuran hujan, jarak pandang pengemudi berkurang. Karena itu, fungsi lampu sangat vital, baik sebagai penerang dan sinyal peringatan untuk kendaraan lain. Periksa cahaya lampu agar menyala optimal di tengah hujan. Bersihkan kaca helm agar pandangan Anda jelas.

 

(Visited 113 times, 1 visits today)