Usai Liburan Keuangan Sekarat? Tenang, Lakukan Aja 5 Tips Ini…

0
6
usai liburan

Memulihkan keuangan usai liburan memang bisa dibilang susah-susah gampang. Usai Liburan Keuangan Sekarat? Tenang, Lakukan Aja 5 Tips Ini…

Selama liburan pasti akan ada pengeluaran lebih di luar yang kamu rencanakan. Misalnya harga oleh-oleh yang ternyata lebih mahal atau biaya tarduga lainnya. Tapi Anda nggak usah sedih dan menyesal ya karena Anda berhak senang-senang setelah pusing kerja kan?

Pulang liburan, baru deh Anda semangat meraup pundi-pundi uang lagi dan memulihkan keuangan kamu biar bisa merencanakan liburan lagi. Karena itu. simak dulu lima tips memulihkan keuangan usai liburan seperti berikut ini:

1. Cek Pengeluaran Selama Liburan

Usai liburan badan dan pikiran emang lebih fresh. Tapi gak jarang juga kamu terserang ‘holiday lag’ alias gak rela liburan udah selesai. Tapi Anda harus segera kembali ke dunia nyata dan mencatat semua pengeluaran yang kamu ingat selama liburan. Detail lebih bagus. Kalau lupa-lupa sedikit nggak masalah. Namanya juga liburan, pasti Anda nggak mau kan diribetin sama hal lain selain bersenang-senang.

Ini Alasannya, Kenapa Tahun Baru Anda Harus Segera Mendapatkan Pekerjaan Baru!

2. Simpan Dana Terpisah

Jangan lupa untuk membuat target berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengembalikkan uang lagi dan harus disiplin juga sama diri sendiri. Tapi biar Anda nggak bingung dan dana terpakai nggak sengaja. Lebih baik Anda menyimpannya ditempat terpisah. Misalnya Anda membuat tabungan lagi jadi uang pun nggak tercampur sama uang untuk kebutuhan sehari-hari Anda.

3. Batasi Pemakaian Kartu Kredit

Salah satu hal lagi yang harus Anda lakukan untuk memulihkan keuangan Anda usai liburan adalah dengan membatasi penggunaan kartu kredit. Jadi sebaiknya tahan diri terlebih dahulu untuk menggunakan kartu kredit biar utang nggak numpuk dan Anda juga terbebas dari gaya hidup konsumtif.

4. Atur Prioritas Pengeluaran

Kalau selama ini Anda sering nongkrong atau cuma ngopi-ngopi cantik. Mungkin kini waktunya Anda harus mulai membatasinya. Misalnya ngopi cantik dua minggu sekali atau kalau udah terlanjur janji Anda bisa menyiasatinya dengan makan terlebih dahulu di rumah sebelum nongkrong, jadi saat di cafe Anda hanya pesan minum saja. Kalau Anda mau mengembalikan pengeluaran liburan Anda, kurangi semua aktivitas hura-hura ya.

Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan di Awal Tahun

5. Cari Uang Tambahan

Kini banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan. Misalnya Anda bisa menulis, nah Anda bisa banget tuh jadi freelance nulis. Daripada setiap weekend nongkrong justru buang-buang uang, mending dimanfaatin buat meraup pundi-pundi uang kan?

 

(Visited 163 times, 1 visits today)