Waspada! Ini Penyakit yang Ditularkan Bagi Anda yang Melihara Hewan Reptil!

0
11
hewan reptil

Selain kucing dan anjing, kini mulai banyak orang memelihara ular maupun jenis reptil lainnya di rumah mereka. Waspada! Ini Penyakit yang Ditularkan Bagi Anda yang Melihara Hewan Reptil!

Jika Anda salah satu pecinta reptil dan punya peliharaan reptil di rumah, sebaiknya Anda juga berhati-hati karena dikutip everydayhealth.com, hewan reptil bisa menularkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella atau lebih dikenal sebagai salmonellosis. Selain ular dan hewan jenis kadal, kura-kura dan iguana juga bisa menularkan bakteri ini.

Namun, berada satu rumah dengan reptil, amankah bagi kesehatan manusia? Berdasarkan penelitian terbaru, reptil tidak baik untuk kesehatan anak. Data South West of England menunjukkan, ada lebih dari satu kasus (dari 4 kasus) infeksi salmonella pada anak-anak pra-sekolah yang memiliki hewan peliharaan ular atau reptil lainnya.

Bukan Anjing atau Kucing, Ini Dia Hewan Peliharaan yang Sangat Unik!

Orang yang terinfeksi bakteri salmonella bisa jadi tidak menunjukkan gejala yang bisa dilihat pada hewan, namun bisa menimbulkan diare, demam dan kram otot pada manusia yang bisa berlangsung hingga seminggu. Sebaiknya menghindarkan anak-anak dan orangtua untuk dekat-dekat dengan hewan reptil untuk menghindari terkena risiko salmonellosis.

Untuk langkah pencegahan, sebaiknya periksakan peliharaan Anda rutin ke dokter hewan dan cuci tangan hingga bersih setelah memegang atau bermain bersama peliharaan. Kontak dengan kandang reptil yang kotor juga bisa berisiko terserang salmonella. Jadi selalu jaga kebersihan tempat tinggal reptil dan pastikan makanan yang Anda berikan dibersihkan dahulu.

(Visited 432 times, 1 visits today)