Hati-Hati, 5 Makanan Ini Pantang Disantap Bersamaan!

0
3

Kita tak tahu kalau ada beberapa makanan yang pantang disantap nyaris berbarengan!

 

Mengonsumsi kombinasi makanan yang tepat punya manfaat hebat bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, kombinasi makanan yang tak tepat bisa mendatangkan masalah bagi diri Anda. Apalagi jika kita sedang ada dalam suasanan perayaan seperti pernikahan kerabat, jamuan makan malam kantor dan ramah-tamah bareng klien.

Momen-momen seperti itu biasanya menyajikan sederet menu makanan yang nikmat gila-gilaan buat mulut. Dari camilan pembuka, seperti kue-kue atau macam fingerfood, lalu makanan utama seperti steik daging well-done hingga makanan pencuci mulut seperti puding coklat, kesemuanya bisa bikin kita lupa diri dan menyantapnya tanpa pikir panjang!

 

 

Peneliti mengungkapkan, ada sejumlah makanan yang sejatinya pantang disantap secara bersamaan.

Apa saja makanan tersebut?

 

Daging dan keju

Daging dan keju sama-sama kaya protein. Jika disantap bersamaan, kedua makanan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan hati Anda. Buruk karena proses kerja hati jadi lebih gencar lagi untuk mengolahnya.

 

Makanan lemak dan protein

Hindarilah mengonsumsi mentega (minyak) dengan keju-telur secara bersamaan. Kenapa? Hal tersebut dapat memblokir sekresi garam empedu yang pada akhirnya mengganggu proses pencernaan lemak.

 

Baca juga Sikat 7 Makanan Ini Agar Sperma Maksimal!

 

Jus usai makan

Jangan pernah minum jus usai makan! Menurut penelitian, kebiasaan tersebut dapat menghambat proses pencernaan dan menyebabkan perut jadi kembung. Solusi terbaik, minumlah air putih 10 menit sebelum makan dan setengah jam setelah makan.

 

Makanan asam dan karbohidrat

Makanan yang juga tak boleh disantap secara bersamaan adalah makanan asam dan karbohidrat. Contoh: tomat atau lemon dengan makanan bertepung. Dilansir Boldsky, kombinasi makanan tersebut berpotensi besar menyebabkan masalah pencernaan.

 

Daging merah dengan makanan bertepung

Makanan terakhir yang tak boleh ditelan bersamaan adalah daging merah dengan makanan bertepung. Perlu Anda catat, kedua makanan tersebut akan sulit dicerna tubuh. Tentu saja bisa dicerna tapi organ-organ tubuh harus ekstra keras mengolahnya. 

 

Kalau memang ingin mendapat manfaat sehat. Coba hindari kebiasaan menyantap makanan tadi secara bersamaan POPle! 

(Visited 1,013 times, 1 visits today)