5 Tips Pintar Kelola Keuangan Menyambut Bulan Ramadhan!

0
2
bulan ramadhan

Banyak orang bilang kalo bulan Ramadhan itu malah bikin kita jadi boros! 5 Tips Pintar Kelola Keuangan Menyambut Bulan Ramadhan!

Nggak terasa ya POPle, bulan Ramadhan sudah di depan mata. Bulan yang suci bagi seluruh umat Muslim di dunia. Indonesia yang mayoritasnya penduduknya beragama Islam tentu sudah mulai melakukan berbagai persiapan sebelum memasuki bulan Ramadhan, yang tentunya tidak akan jauh dari urusan uang.

Nah, simak 5 tips pintar mengelola keuangan menyambut bulan Ramadhan berikut agar pengeluaran kalian nggak jebol:

1. Atur Anggaran Belanja

Jika kalian sudah terbiasa membuat anggaran belanja bulanan, maka kemungkinan besar kalian perlu mengubah susunan anggaran selama bulan puasa tergantung pola kegiatanmu. Sebagai contoh, kalian biasa menganggarkan Rp 400 ribu untuk makan di hari biasa dan Rp 200 ribu di akhir pekan. Buatlah anggaran makan di hari biasa menjadi sekitar Rp 500 ribu (berjaga-jaga untuk seringnya acara buka bersama, sahur bersama, dan sebagainya) dan kurangi makan di akhir pekan menjadi Rp 100 ribu.

Siapa Bilang Perencanaan Keuangan Untuk Lindungi Diri Selagi Muda Tak Penting?

2. Persiapan Untuk Belanja Bahan Makanan

Ketika memasuki bulan puasa, harga-harga bahan makanan cenderung naik tinggi. Salah satu cara untuk mengakalinya adalah dengan mencicil berbagai bahan makanan tersebut. Pastikan berbagai bahan makanan disimpan dalam tempat yang baik agar kualitasnya tetap terjaga.

3. Sisihkan Untuk Anggaran Wajib Zakat

Untuk Zakat Fitrah, sebaiknya sudah mulai dialokasikan sebelum memasuki bulan puasa agar budget bulanan yang kalina siapkan sebelumnya tidak terganggu. Pisahkan pengeluaran zakat di rekening yang berbeda dari sehari-hari atau simpan secara tunai di rumah di tempat yang aman.

4. Belanja Bingkisan Lebaran

Bagi kalian yang terbiasa memberikan bingkisan Lebaran kepada keluarga, saudara ataupun kerabat kerja, sebaiknya belilah bingkisan tersebut  dari jauh hari. Semakin mendekati hari Lebaran, semakin tinggi pula harga bingkisan Lebaran yang ditetapkan oleh toko dan penjual bingkisan.

4 Investasi Menguntungkan Berikut, Patut Anda Pertimbangkan di Tahun 2017 ini!

5. Persiapan Matang Untuk Mudik

Mudik juga perlu dipersiapkan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Sebagai langkah awal, rencanakan jalur mudik yang akan kalian gunakan. Jika menggunakan jalur udara, bersiaplah dengan harga tiket yang tinggi. Kalo kalian menggunakan jalur darat dan laut, kalian perlu menghitung berbagai biaya persiapan sepanjang perjalanan.

Semoga bermanfaat ya POPle tips diatas. Oh iya, pastikan juga yang utama hati kita semua sudah bersih ya. Selamat berpuasa POPle…

(Visited 166 times, 1 visits today)